Berbagi Ilmu, Perdalam Teori Perkembangan Anak

 Sabtu, Tanggal 28-07-2018, jam 11:12:25
TEMAN DISKUSI: Bersama teman sesama pengajar ataupun mahasiswa, Miranti Rasyid tak pernah merasa lebih pintar dari orang lain. Bersama-sama mereka saling diskusi dan bertukar pikiran. Kaltim.prokal.co

TAK hanya menjalani pekerjaan sebagai psikolog pendidikan anak dan remaja, Miranti Rasyid juga bertekad ingin membagikan ilmunya kepada orang lain, agar semakin bermanfaat. Sejak Februari 2018, Miranti resmi bekerja sebagai dosen di Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Mulawarman (Unmul).

"Dengan mengajar, sebenarnya saya juga belajar. Karena saya bisa semakin paham tentang teori perkembangan anak dan remaja. Buktinya, saya semakin mahir menangani kasus anak dan remaja yang saya dapatkan semenjak menjadi dosen," ujarnya saat diwawancarai, Rabu (25/7).

Miranti mengatakan, sejak menjadi dosen, interaksinya lebih banyak bersama mahasiswa. Sedangkan saat menjadi psikolog, interaksinya langsung ke anak-anak. Kedua pekerjaan itu, sambung dia, sama-sama menyenangkan dan dia sangat menikmati, meski waktu kerjanya semakin bertambah.

"Saya juga lebih banyak mendapat relasi, karena banyak bertemu dengan orang lain. Mulai mahasiswa, teman kerja, dan lainnya. Tapi, jadi dosen juga ada tantangan, misalnya saat tidak mood mengajar, tapi banyak mahasiswa yang ingin bimbingan atau harus mengajar banyak kuliah. Namun, saya harus mengontrol dan regulasi emosi agar tidak terbawa saat di dalam kelas atau saat bertemu dengan mahasiswa. Saya harus tetap berusaha profesional dan tidak menyampingkan emosi pribadi," tutur dia kepada Kaltim Post.

Miranti mengatakan, mahasiswa sebagai relasi belajar. Dia tidak pernah menganggap dirinya lebih pintar dari mahasiswa. Ruang pendidikan menjadi ranah saling bertukar pikiran dan berdiskusi. "Namun, ada kalanya saya harus tegas dan marah jika mahasiswa melakukan kesalahan yang fatal," bebernya.

Saat ini, mengajar dan menangani klien sudah cukup baginya. Karena ingin fokus mengembangkan diri dan profesi di bidang psikologi anak dan remaja. "Tak hanya kerjaan, saya pun berusaha untuk selalu mengutamakan kewajiban pada keluarga, karena mereka sangat mendukung saya. Makanya selalu berusaha memanajemen waktu antara pekerjaan dan keluarga," pungkas Miranti. (*/lia/*/ni/k9)

 

Berita Terkait