DPRD Terima SK Penetapan Bupati Terpilih

 Sabtu, Tanggal 28-07-2018, jam 05:28:24
Ketua KPU Lamandau Daang Padoma (kiri) menyerahkan SK penetapan paslon terpilih Pilkada serentak Tahun 2018, kepada Ketua DPRD Lamandau H Tommy Hermal Ibrahim (kanan), di Kantor DPRD Lamandau, Jumat (27/7). (RUSLAN/ KALTENG POS)

NANGA BULIK – Surat Keputusan tentang penetapan pasangan calon terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2018, pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lamandau diserahkan ke DPRD Kabupaten Lamandau.

Berkas keputusan penetapan tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua KPU Daang Padoma kepada Ketua DPRD Lamandau H Tomi Hermal Ibrahim. Saat itu, disaksikan oleh sejumlah parpol pengusun, paslon terpilih nomor 4 H Hendra Lesmana dan Riko Purwanto, perwakilan Panwaslu, serta sejumlah unsur pemerintahan di lingkup Kabupaten Lamamdau, pada Jumat (27/7).

(Baca: Resmi Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada, Ini Janji Hendra Lesmana)

Ketua KPU Lamandau Daang Padoma mengatakan, proses penyerahan  merupakan tahapan akhir dari pelaksanaan Pilkada Lamandau. Setelah sebelumnya dilakukan pemilihan calon kepala daerah, hingga penetapan paslon pemenang Pilkada. Kemudian yang terakhir, peyerahan hasil SK penetapan kepada DPRD Lamandau.

"Kegitan penyerahan ini, sekaligus menjadi tahapan yang terkhir, dengan demikian tugas KPU Lamandau  pada Pilkada serentak 2018 Pilbup Lamandau sudah selesai. Selanjutanya, menjadi kewenangan dari pemerintah untuk proses selanjutnya," ujar Daang, usai kegiatan penyerahan penetapan paslon pemenang kepada DPRD Lamandau, Jumat (27/7).

Ia menjelaskan, setelah diserahkan SK penetapan sebagai paslon pemenang pemilihan bupati dan wakil bupati Lamandau, maka DPRD Lamandau lah yang  menyampaikan hasil tersebut, kepada pemerintah provinsi, guna mempersiapkan pelantikan paslon terpilih yang akan dilantik, oleh gubernur Kalteng nanti, sesuai dengan aturan yang berlaku.

(Baca: Polisi Segera Panggil Enam Penyalahguna Formulir C-6)

“Selanjutanya menjadi kewenangan pemerintah melalui DPRD untuk diteruskan kepada gubernur, dan diusulkan ke Mendagri,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Lamandau, H Tommy Hermal Ibrahim, berterimakasih, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses Pilkada serentak Kabupaten Lamandau, sehingga dapat berjalan dengan baik tanpa satu masalah apapun.

"Selanjutnya, kami akan melaksanakan mekanisme sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam waktu dekat paling lambat lima hari, setelah diterima, akan kami paripurnakan. Sebelum diserahkan ke pemerintah provinsi," katanya. (lan/aza/ctk/nto)

Berita Terkait