DKPP Jatuhkan Sanksi Kepada Ketua dan Anggota Panwas Bartim

 Jum`at, Tanggal 03-08-2018, jam 01:18:17
Ilustrasi sidang DKPP (foto: dkpp.go.id)

PALANGKA RAYA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), melalui Putusan Nomor 116/DKPP-PKE-VII/2018, menjatuhkan sanksi Peringatan kepada Daniwandra (Teradu V) selaku Ketua Panwas Bartim, Feryanto Marthen Panggala (Teradu VI), dan Fajarul Hayat (Teradu VII), masing-masing selaku Anggota Panwas Bartim.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi melalui rilisnya yang diterima Kalteng Pos Online, Kamis (2/8).

Dijelaskan Satriadi, dalam pertimbangannya, DKPP berpendapat bahwa tindakan teradu V, VI, dan VII yang tidak memberikan kepastian hukum para pengadu dengan menyarankan untuk menanyakan pada DKPP dan KPU Bartim telah melanggar kode etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Hal menarik dari Putusan DKPP ini adalah, adanya Dissnting opinion atau pendapat berbeda satu dari tujuh anggota DKPP, yakni Fritz Edward Siregar, yang berpendapat bahwa teradu V, VI, dan VII tidak melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu, dan sanksi yang dijatuhkan terhadap teradu tidaklah tepat.

“Seharusnya para Teradu V, VI, dan VII mendaat apresiasi karena Teradu telah melaksanakan tindakan pengawasan pelaksanaan putusan DKPP lebih cepat dibandingkan teradu I, II, III, da IV,” kata Satriadi yang mengutif pernyataan Frizt dalam putusan tersebut.(nto)

Berita Terkait