PBNU Sodorkan 4 Nama Cawapres ke Jokowi, Siapa Saja?

 Sabtu, Tanggal 04-08-2018, jam 12:06:03
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dikabarkan telah menyodorkan empat nama bakal calon wakil presiden pendamping petahana Jokowi.

Namun dari keempat nama itu, tidak ada nama Mahfud MD yang di awal-awal sempat masuk dominasi sebagai cawapres Jokowi.

Empat nama yang disodorkan adalah, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Ketum MUI Ma’ruf Amin, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum PPP M. Romahurmuziy.

Adapun alasan tidak memasukkan nama Mahfud MD karena mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu dianggap tidak “berkeringat” di PBNU.

Jumat siang, PBNU sudah menyampaikan hasil pleno empat nama kepada Jokowi. Hasil pleno diserahkan Waketum PBNU Maksum Mahfudz kepada Mensesneg Pratikno.

Sebelumnya, Presiden Jokowi angkat bicara terkait wacana mengusung Mahfud MD sebagai calon pendampingnya di Pilpres.

“Sangat bagus. Sangat bagus,” kata Jokowi di gedung Akademi Bela Negara NasDem, Jalan Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018) lalu.

Saat ditanya apakah Mahfud masuk daftar nama yang digodok Jokowi menjadi cawapres, Jokowi mengiyakan. “Ya masuk, masuk,” terang Jokowi.

Sementara Mahfud MD merasa dirinya tidak punya potongan untuk menjadi cawapres Jokowi.

“Enggak, merasa enggak punya potongan saya jadi wapres. Tapi terserah,” kata Mahfud dalam acara Satu Meja di Kompas TV, Rabu (1/8/2018) malam.

Mahfud pun mengaku tidak mengetahui secara pasti apakah benar namanya masuk ke dalam kantong Jokowi atau tidak. Menurut dia, apa yang berkembang di media masih sebatas spekulasi.

“Kan yang menilai orang lain. Saya sendiri tidak tahu masuk calon benar atau tidak. Saya baca di koran, sama dengan Anda saja,” kata dia kepada Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo. (rus/one/pojoksatu/JPG)

Berita Terkait