TMMD, dari TNI untuk Rakyat

 Rabu, Tanggal 08-08-2018, jam 06:27:31
MENDEKATI RAMPUNG: Tampak prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD membangun jembatan yang menghubungkan Kelurahan Sei Gohong dan Petuk Bukit. FOTO: HMS FOR KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Salah satu jati diri TNI adalah tentara rakyat. Secara sederhana makna tersebut adalah yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Begitu juga dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI menjelaskan, bahwa tentara rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat bersenjata, berjuang melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. 

TNI selalu berkarya untuk rakyat juga tergambar pada program  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) imbangan ke-102 Kodim 1016/Plk di Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu. Kegiatan untuk periode Juli-Agustus 2018 itu, salah satu sasaran fisiknya menjadi dambaan masyarakat.

Tepatnya ketika TMMD mempersembahkan atau membangun jembatan sepanjang 61 meter dengan lebar empat meter. Jembatana itu menghubungkan Kelurahan Sei Gohong dan Petuk Bukit. Dimana jembatan tersebut menjadi salah satu urat nadi perekonomian kedua kelurahan tersebut.

"Jembatan ini sudah lama diharapkan masyarakat Sei Gohong dan Petuk Bukit. Selama ini warga harus menempuh jalur lain untuk mengangkut hasil bumi, dan itu menambah biaya perjalanan,” kata Dan Satgas TMMD Imbangan ke-102 Kodim 1016/Plk, Letkol Czi. Chandra Adibrata.

Di samping menggairahkan kegiatan ekonomi berupa distribusi barang dan jasa, jembatan tersebut juga mempekuat jalinan kebersamaan dua wilayah tersebut.

“Masyarakat dua kelurahan tidak lagi kesulitan dalam beepergian untuk saling mengunjungi atau bersikaturahmi,” ucap Letkol Chandra diamini Lurah Sei Gohong dan Petuk Bukit dan masyarakat.

 

"Kami sangat bersyukur TNI membangun jalan dan jembatan di kekurahan kami. Kami berjani akan memanfaatkan dengan baik dan merawatnya,” ujar Lurah Sei Gohong.

Sementara dalam pantauan, proses pembangunan jembatan masih berjalan dan telah mencapai 96 persen pembangunan dari target. (hms/ang)

Berita Terkait