Jadwal Pembahasan APBD Disepakati

 Rabu, Tanggal 08-08-2018, jam 06:32:23
HARMONIS: Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kalteng yang diwakili oleh Asisten I Setda Kalteng Saidina Aliansyah (dua dari kanan) dan Kepala BKAD Kalteng Nuryakin (dua dari kiri) bersama Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang (kiri) usai rapat banmus di lantai dua DPRD Kalteng, Senin (6/8). PEMPROV FOR KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Tak biasa, rapat badan musyawarah (Banmus) DPRD Kalteng untuk penyusunan jadwal pembahasan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD diselenggarakan khusus di lantai dua Gedung DPRD Kalteng, Senin (6/8).

Biasanya rapat banmus dilaksanakan di ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng. Namun, rapat tersebut berjalan lancar dan disepakati pembahasan APBD perubahan tahun 2018 dan APBD murni tahun 2019 sesuai tahapan dalam Permendagri No 38 tahun 2019.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng Nuryakin mengungkapkan, penyusunan jadwal untuk pembahasan dua raperda APBD berjalan lancar. Pihak DPRD Kalteng juga dinilai siap menyelesaikan pembahasan itu agar teapt waktu.

“Banmus sudah clear. Jadwal sudah disepakati. Pembahasan APBD perubahan dan murni sesuai dengan tahapan-tahapannya,” jelas Nuryakin kepada Kalteng Pos, Senin (6/8).

Ia mengungkapkan, sesuai ketentuan, pembahasan APBD perubahan 2018 tidak keluar dari September untuk disetujui bersama antar pemprov dan DPRD dalam rapat paripurna. Begitu juga dengan APBD murni 2019, dibahas sesuai jadwal dan tidak akan keluar persetujuan bersama dari November 2018.

“Untuk perubahan tidak akan keluar dari 30 September dan murni tidak lebih dari 30 November,” kata salah satu calon Sekda Kalteng ini.

Selain itu, sambung dia, terungkap juga bahwa beberapa raperda yang sempat dipertanyakan pemprov penyelesaiannya akan segera diparipurnakan. Dewan telah menyelesaikan tahapannya sehingga tinggal diparipurnakan saja. Seperti raperda retribusi jasa usaha, retribusi perizinan tertentu, sistem kesehatan Kalteng dan Karhutla serta beberapa raperda lain.

“Beberapa raperda itu tinggal diparipurnakan saja,” kata dia.

Dia mengungkapkan, pemprov tentu senang jika hubungan dengan DPRD Kalteng bisa lebih harmonis. Dua lembaga tersebut bisa saling mendukung untuk pembangunan di Kalteng.“Mudahan lebih harmoni lagi lah kedepan,” ucap Nuryakin.(uni/ila)

Berita Terkait