Tanamkan Sikap Humanisme dan Sportifitas

 Rabu, Tanggal 08-08-2018, jam 02:32:54
HUMANIS: Turnamen yang digelar di Korem 102/Pjg bukan tentang menang dan kalah. Namun mengajarkan atlet atau siswa untuk menanamkan sikap humanis dan sportifitas dalam olahraga. FOTO: HMS FOR KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Partai puncak turnamen sepak bola antar SLTA yang mempertemukan SMAN 1 melawan SMAN 6 bukan sekedar menang atau kalah. Namun pada sisi lainnya menekankan sikap humanis dan sportifitas dalam bertanding. Demikian penekanan Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto, S Sos terkait pertandingan dalam rangka menyambut Hari Kermerdekaan RI ke-73 tersebut.

Dari perhelatan pertandingan yang telah tergelar ada sisi lain yang menyentuh, dan menjadi pengamatan Danrem 102/Pjg, yaitu pembelajaran sisi humanis dan sportifitas.

"Dalam olahraga, memang saling berhadapan dua kubu yang berlawanan. Hal itu bukan berarti harus saling membinasakan. Berjuang untuk meraih kemenangan itu suatu keharusan. Namun harus dilandasi sportifitas yang di dalamnya terdapat nilai luhur yaitu kejujuran dan taat aturan,” kata Danrem.

Danrem menambahkan, pada saat permainan, terjadi musibah salah satu pemain di kubu lawan, tanggalkan atribut asal sekolah, lakukan pertolongan. “Inilah nilai humanisme yang akan kita bangun kepada generasi muda,” jelasnnya.

Dari pantauan di lapangan, ada beberapa kejadian yang mencerminkan nilai humanisme dan sportifitas. Menolong lawan yang kesakitan, bersalaman sebelum dan sesudah pertandingan. “Itulah indahnya nilai-nilai di dunia olahraga,” pungkasnya. (hms/ang)

Berita Terkait