Pemko Palangka Raya

Riban Ajak Masyarakat Tanamankan dan Membangkitkan Semangat Nasionalisme

 Kamis, Tanggal 09-08-2018, jam 11:19:07
HM Riban Satia

PALANGKA RAYA - Wali Kota Palangka Raya, HM Riban satia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menanamkan dan membangkitkan semangat nasionalisme. Mengingat perjuangan para pendahulu sebagai pemacu untuk membangun daerah dan bangsa.

“Rasa dan semangat nasionalis harus muncul dari kesadaran dan hati nurani masing-masing. Rasa nasionalis itu tidak perlu diminta atau disuruh-suruh,” kata Riban di sela-sela kegiatan di rumah jabatan (Rujab) wali kota, kemarin.

Namun diakuinya untuk rasa nasionalisme masyarakat di kawasan kota masih jauh jika dibandingkan dengan daerah pinggiran. Berdasarkan pantauannya, di beberapa titik dalam kota masih banyak masyarakat dan instansi yang tidak memasang bendera. Berbeda saat dia berkunjung ke kelurahan terluar seperti Kalampangan.

“Biarpun jauh dari kota, di sana (Kalampangan, red) lebih tercermin kekompakan dan semangat nasionalisme. Setiap gang terlihat bendera merah putih berjajar dan berkibar,” sebutnya.

Dia mengaku sedikit sedih saat melihat kebanyakan masyarakat harus menunggu petunjuk atau imbauan, baru memasang bendera dan pernak pernik kemerdekaan. Menurutnya hal itu semestinya sudah tidak perlu lagi, masyarakat harus sudah melakukannya tanpa menunggu petunjuk.

“Rasa nasionalisme tidak perlu lagi harus menunggu perintah. Masyarakat harus sudah menanamkan rasa itu dan diwariskan secara turun temurun,” tegasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya pada Senin (6/8) wali kota telah menerbitkan surat edaran, mengimbau  semua perkantoran intansi dan masyarakat untuk menyemarakan HUTke-73 RI. Semua golongan diminta untuk mengibarkan bendera merah putih,  mendirikan gapura, umbul-umbul, spanduk, baliho, lampu hias  maupun tema dan logo HUT ke-73 RI.

Dalam surat edaran itu, Riban juga meminta semua komponen untuk melaksanakan kegiatan kebersihan di lingkungan kantor hingga lingkungan tempat tinggal masing-masing. Serta melaksanakan kegiatan pertandingan dan perlombaan. (awa/ram/iha/CTK)

Berita Terkait