Terbukti Berencana Membunuh, Elis dan Udin Divonis 20 Tahun Penjara

 Kamis, Tanggal 09-08-2018, jam 09:12:40
Kasi Pidum Kejari Gunung Mas, M Hamidun Noor

KUALA KURUN – Dua pelaku pembunuhan terhadap Sumber Baen Ranying, yakni Elisna Wati alias Elis (43) dan Muhamad Baharudin alias Udin (27) akhirnya divonis. Berdasarkan petikan putusan Nomor 206-207/Pid.B/2018/PN Plk, keduanya terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama melakukan pembunuhan berencana.

"Kedua tersangka didakwa dengan Pasal 340 KUH Pidana Junto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUH Pidana tentang pembunuhan yang direncanakan terlebih dahulu, dengan vonis 20 tahun kurungan penjara,” ucap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gunung Mas (Gumas) Koswara melalui Kasi Pidum M Hamidun Noor,saat di temui  di ruang kerjanya, Rabu (8/8).

Ia pu menambahkan, bahwa keduanya terbukti secara sah telah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana, yang menewaskan korban yakni Sumber Baen Ranying (54), di Jalan Jambu, RT 06, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, pada Jumat (22/12) silam.

(BACA JUGA: Hampir Setahun, Kasus Pembunuhan di Sepang Belum Terungkap)

"Pidana yang dijatuhkan tersebut akan dikurangi dengan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa,” ujarnya.

Dalam vonis tersebut, kata dia, ada beberapa hal yang memberatkan kedua terdakwa, yakni perbuatannya mengakibatkan korban meninggal dunia, dilakukan sangat sadis dan terencana, perbuatan mereka meresahkan masyarakat, serta tidak adanya perdamaian antara terdakwa dengan keluarga korban.

"Sedangkan yang meringankan, terdakwa mengakui semua perbuatannya, menyesali dan berjanji tidak mengulanginya lagi, serta terdakwa bersikap sopan di persidangan,” tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, berdasarkan surat perintah pelaksanaan putusan pengadilan Nomor : Print-206-207/Q.2.10.7/Epp.3/08/2018, kedua terdakwa tersebut sudah dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Palangka Raya.

”Penahanan ini dilakukan karena putusan pengadilan telah memperoleh kekuatan hukum tetap pada 27 Juli 2018, sehingga perlu segera dilaksanakan,” tuturnya.

Sebelumnya, masyarakat Kota Kuala Kurun dihebohkan dengan temuan jazad korban Sumber Baen Ranying (54), yang tergeletak di Jalan Jambu, RT 06, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun pada Jumat (22/12) lalu.

Korban tewas setelah mengalami luka disekujur tubuhnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, selang empat hari kemudian yakni pada Selasa (26/12), kedua pelaku akhirnya ditangkap.

Tersangka Elisna Wati alias Elis ditangkap di rumahnya, Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah. Sedangkan Muhamad Baharudin alias Udin ditangkap di sebuah kos-kosan, Jalan Garuda, Kota Palangka Raya.

Aksi keji yang dilakukan tersangka Muhamad Baharudin alias Udin (26) ini, karena mendapat iming-iming akan diberikan kepuasan batin dan dijanjikan uang, motor, serta rumah oleh tersangka Elisna Wati alias Elis (43). (okt/ol/nto)

Berita Terkait