DPRD Kota

Penerapan Perda Sampah Diharapkan Bisa Maksimal

DPRD Kota
 Jum`at, Tanggal 10-08-2018, jam 11:20:51
At Prayer

PALANGKA RAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mendukung rencana penerapan Peraturan Daerah (Perda) sampah. Termasuk, sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) yang akan diterapkan dalam aturan tersebut.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer. Menurutnya, penarapan sanksi itu sebagai upaya untuk memberikan peringatan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan atau tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Jadwal buang sampah sudah ditetapkan mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB pagi. Sehingga, jika membuang sampah diluar jam tersebut perlu dikenakan sanksi, " kata Prayer belum lama tadi.

Politikus Nasdem ini menambahkan, perda masalah persampahan itu sudah melalui kajian akademis dan evaluasi dari pemerintah daerah. Sekarang, tinggal memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya mengetahui perda tersebut.

“Selain itu, dalam penegakan perda perlu adanya kebijaksanaan yang bersifat kemanusiaan (humanisme) dan keadilan. Seperti sanksi ringan dan berat. Tergantung kriteria pelanggaran yang dilakukan," ujar dia.

Prayer mengungkapkan, penerapan perda tersebut dianggap sebagai instrumen masyarakat agar bisa berperan aktif. Sehingga, Kota Palangka Raya menjadi kota yang bersih, indah dan nyaman.

“Saya berharap instansi terkait dalam penerapan perda masalah sampah ini bisa maksimal. Tentunya, seluruh masyarakat juga harus mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan Kota Palangka Raya yang cantik,” tandasnya. (nue/bad/iha/CTK)

Berita Terkait