Nah Lho, Bawaslu Temukan Pelanggaran Dilakukan Bacaleg

Eko : Tidak Masalah Memasang Foto, dengan Catatan tanpa Nomor Urut dan Gambar Parpol
 Kamis, Tanggal 30-08-2018, jam 06:49:54
ILUSTRASI/NET

PALANGKA RAYA-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya menemukan pelanggaran dilakukan bacaleg, yang nekat curi start dalam pileg 2019. Padahal, masa kampanye baru dimulai tiga hari setelah penetapan daftar calon tetap (DCT), 23 September.

Komisioner Bawaslu Kota Palangka Raya, Eko Wahyudi mengatakan, ditemukannya unsur pelanggaran kampanye tersebut, karena dalam gambar bacaleg tersebut menyertakan gambar parpol dan nomor urut parpolnya.

“Ya, itu kami temukan beberapa minggu lalu, di kawasan simpang tiga Jalan Antang. Terpampang gambar bacaleg serta nomor parpol dan gambar parpol,” ujarnya kepada Kalteng Pos, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, kemarin.

Eko menjelaskan, secara aturan, karena saat ini masih penepatan daftar calon sementara (DCS) saja, tidak masalah bacaleg untuk memampang fotonya di jalan-jalan Kota Palangka Raya. Dengan catatan, tanpa harus menyertakan nomor urut parpol dan gambar parpol.

“Boleh kalau hanya foto bacaleg yang dipasang. Artinya, bacaleg ini hanya sekadar menyosialisasikan dirinya saja,” terangnya.

Sampai saat ini, pihaknya tetap memelototi pelanggaran kampanye yang mendahului tahapan.

“Untuk yang kami temukan, baru satu saja, selama masa DCS ini. Dan kami sudah melakukan pemberitahuan, agar parpol yang bersangkutan segera menurunkan gambar itu. Dan itu sudah dilakukan oleh parpol tersebut,” tukas Eko.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi mengungkapkan, pihaknya tetap melakukan pengawasan selama masa DCS ini. Walaupun sampai saat ini belum ada laporan ataupun temuan.

“Laporkan ke kami, tentu dengan adanya bukti-bukti yang dibawa. Ataupun sekiranya ada kesulitan, bisa segera dikomunikasikan dengan Bawaslu kabupaten/kota, agar Bawaslu kabupaten/kota bisa memantau itu. Jika masuk unsur pelanggaran, bisa dijadikan sebagai temuan,” jelas Satriadi. (ari/ce/abe)

Berita Terkait