Melihat Potensi Wisata di Murung Raya

Terkendala Infrastruktur, Transportasi Jadi Mahal

 Minggu, Tanggal 02-09-2018, jam 11:42:35
Salah satu objek wisata Air Terjun Bunbun di Desa Tumbang Olong. Selain itu juga ada wisata religi berupa makam Abdulah yang merupakan salah satu pejuang dan penyebar agama Islam di pesisir Sungai Barito. (FOTO WIDERMEN FOR KALTENG POS)

Destinasi wisata daerah di Kabupaten Murung Raya (Mura) cukup berlimpah. Hanya saja yang menjadi persoalan, karena kondisi infrastruktur yang belum memadai untuk menunjang akses kunjungan para wisatawan ke daerah ini.

 

---------------------

KABUPATEN Murung Raya berada paling timur dari Provinsi Kalimantan Tengah. Di kabupaten hasil pemekaran dari Barito Utara itu, terdapat sejumlah objek wisata yang layak untuk di promosikan ke luar daerah. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat serta investor untuk mempromosikan sejumlah destinasi wisata tersebut.

Widermen, seorang petugas pendamping desa yang membidangi pariwisata dan adat istiadat mengatakan, Kabupaten Mura ini cukup berlimpah objek wisatanya.

"Objek wisata ini terdapat di beberapa kecamatan. Ada objek wisata alam dan objek wisata religi. Salah satu objek wisata yang paling mempesona adalah objek wisata air terjun Bunbun yang letaknya di Desa Tumbang Olong," kata Widermen yang akrab dipanggil Armin, Kamis (30/8) lalu.

Objek wisata ini semua terkendala infrastruktur. Terutama jalan akses menuju ke lokasi wisata. Persoalan itu membuat biaya transportasi untuk sampai ke daerah wisata itu cukup mahal. Padahal banyak masyarakat luar yang ingin mengunjungi objek wisata Kabupaten Mura ini, tetapi mereka juga mencari informasi mengenai kondisi transportasi menuju lokasi.

"Oleh sebab itu, salah satu kendala objek wisata di daerah ini adalah infrastrukturnya saja. Sedangkan objek wisata religi juga ada. Seperti tempat makam para tokoh pejuang serta penyebar agama Islam ke wilayah Mura. Saya juga sudah sarankan kepada pihak desa untuk segera membenahi fasilitas di sekitar wisata. Namun pihak desa masih konsentrasi pada infrastruktur dalam desa, sehingga hal itu masih belum bisa dilakukan oleh pihak desa," ujarnya.

Ia menilai, daerah ini kaya akan objek wisata. Maka dari itu, Kabupaten Mura menjadi salah satu destinasi wisata ke depannya. Karena potensi objek wisata ini sangat menjanjikan. (her)

Berita Terkait