DPRD Kota

Jangan Gunakan Perhiasan Terlalu Mencolok

 Kamis, Tanggal 13-09-2018, jam 10:38:49
Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA - Tertangkapnya dua jambret di Kota Palangka Raya yang dilakukan oleh polisi beberapa waktu lalu mendapat perhatian sejumlah pihak. Pasalnya, pelaku masih di bawah umur.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan, saat ini target para penjahat jalanan adalah kaum perempuan. Oleh sebab itu, sangat diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah saat malam hari.

”Jangan menggunakan perhiasan terlalu mencolok. Kalau bisa pada saat mau keluar rumah pada malam hari ajak saudara atau teman,” kata Sigit, Rabu (12/9).

Ia menambahkan, peran orang tua sangat diperlukan saat ini untuk melakukan pembinaan terhadap anaknya agar tidak melakukan tindakan yang melawan hukum. Menurutnya, permasalahan ini tentunya harus menjadi perhatian semua pihak agar lebih peduli terhadap kasus-kasus kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur.

“Saya sangat menyayangkan atas kejadian pejambretan yang dilakukan anak yang masih dibawah umur itu,” ujar politikus dari Praksi PDI-P itu.

Sigit mengungkapkan, faktor lingkungan dan pergaulan juga dapat membuat anak-anak menjadi berubah perilakunya. Orangtua harus dapat mengontrol pergaulan anaknya agar hal semacam ini tidak terjadi lagi di Kota Palangka Raya.

“Penjambretan biasanya dilakukan oleh para pelaku kejahatan dadakan. Hal itu terjadi mungkin karena kepepet dalam masalah ekonominya dan sebagainya. Bukan hanya karena ada niat tetapi juga karena ada kesempatan,” ungkap Sigit.

Wakil rakyat Kota Palangka Raya ini menegaskan, dalam menumpas kejahatan jalanan ini menjadi tugas bersama masyarakat, pemerintah dan aparat penegak hukum. Jika masyarakat tidak sengaja melihat tindak kejahatan, diharapkan segera melaporkan ke pihak yang berwajib agar aparat cepat melakukan penindakan.

“Diharapkan tindak kriminal di jalanan di Kota Palangka Raya dapat berkurang dan jangan sampai ada pelaku penjambretan yang masih di bawah umur. Orang tua harus mengontrol anak-anaknya,” tandasnya. (idu/bad/iha/CTK)

Berita Terkait