DPRD Kota

Pengawasan Pada Anak Harus Semakin Dimaksimalkan

 Selasa, Tanggal 25-09-2018, jam 11:27:17
Mukarramah

PALANGKA RAYA – Kasus kriminal di Kota Palangka raya dinilai cukup memprihatinkan. Karena, kejahatan tersebut tak jarang melibatkan anak dibawah umur.

Kondisi ini mengundang rasa prihatin dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Mukarramah. Menurutnya, masalah ini memerlukan perhatian bersama segenap masyarakat Kota Palangka Raya.

“Termasuk yang paling penting adalah peran orang tua. Pengawasan terhadap anaknya harus semakin dimaksimalkan. Supaya, anak tersebut tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif akibat pergaulan bebas,” kata Mukarramah, kemarin (24/9).

Ia menambahkan, orang tua jangan terlalu membebaskan anaknya. Apalagi, bergaul hingga larut malam.

“Karena pengaruh luar itu sangat berbahaya. Apalagi nongkrong hingga larut malam. Biasanya bukan hal yang positif didapat. Tetapi kebanyakan hal-hal negatif,” ujar dia.

Mukarramah mengungkapkan, orang tua harus mengawasi apa saja yang dilakukan anaknya diluar rumah. Sebab, itu penting agar pergaulan anak bisa dipantau.

“Siapa tahu ada pergaulannya yang salah dan tugas orang tua memberikan teguran. Jangan segan-segan tentunya memberikan hukuman agar anak tersebut tidak lagi mengulangi perbuatannya. Namun, upaya tindakan pecegahan itu yang paling utama,” ungkap Mukarramah.

Wakil rakyat Kota Palangka Raya ini menegaskan, pendidikan anak itu tergantung dari orang tuanya. Kalau orang tuanya acuh-acuh saja dan tidak memberikan waktu untuk mendidik anaknya, sangat rawan anak itu terpengaruh hal-hal yang negatif.

“Sehingga ini diharapkan menjadi perhatian para orang tua. Jangan sampai anak kita terlibat dalam tindak kejahatan yang dapat menghancurkan masa depannya,” tandasnya. (ena/bad/iha/CTK)

Berita Terkait