Lahan Membara Hebat, Diduga Sengaja Dibakar

 Rabu, Tanggal 26-09-2018, jam 12:23:39
Petugas yang tergabung dalam Satgas Karhutla Kotim berada di tengah-tengah titik api yang membara pada sebuah lahan di Jalan MT Haryono, kemarin. (FOTO: BAHTIAR/KALTENG POS)

SAMPIT-Kebakaran lahan terjadi di Jalan MT Haryono Barat, Kecamatan MB Ketapang, Selasa (25/9) siang. Lahan yang membara hebat tersebut diduga kuat akibat sengaja dibakar. Alhasil menyebabkan kepulan asap dan terbagi pada beberapa titik. Bahkan luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar empat hektare.  

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemadam kebakaran, TNI dan Polri dibuat kerja keras dalam melakukan pemadaman. Selain jarak pandang terbatas akibat kepulan asap, juga medannya yang sulit dijangkau.

Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel melalui Kabagops, AKP Boni Ariefianto mengatakan, personel dan tim gabungan sudah melakukan pemadaman. Selain itu adanya dugaan jika lahan tersebut sengajat dibakar.

“Diperkirakan sekitar empat hektare yang terbakar. Kemungkinan bersar lahan akan digunakan untuk pembangunan pemukiman,” ujar AKP Boni saat berada di lokasi kebakaran.

Menurut AKP Boni, dugaan sengaja dibakar karena sudah pembukaan lahan dan dikapling. Bahkan beberapam lahan sudah bersih dengan adanya lahan yang di tebas. Namun semua itu masih dugaan dan kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih mendalam.

“Jalan sudah dibuka. Lahan sudah di kapling. Beberapa keterangan dari tim juga menyebutkan bahwa beberapa lahan sudah dibersihkan. Setelah ini akan kami panggil pemilik lahan untuk dimintai keterangan,” tandasnya.

Jika ditemukan adanya bukti kesengajaan membakar lahan tentunya kepolisian akan menempuh jalur hukum.

“Jika terbukti melakukan pembakaran lahan tentunya kami mengambil upaya hokum. Pemilik atau pembakar lahan akan dijerat dengan hukum yang tentunya nanti akan kita terapkan,” pungkasnya. (ais/ang)

Berita Terkait