Jum`at, 09-02-2018 jam, 11:01:23
DPRD Kota

PKL Harus Taati Aturan Pemerintah

PKL Harus Taati Aturan Pemerintah
Alfian Batnakanti

PALANGKA RAYA - Hingga saat ini masih banyak Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) yang tidak taat aturan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pedagang yang menempati areal atau kawasan terlarang.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang berani menolak saat ditertibkan dengan dalil telah memberikan sewa upah kepada salah satu oknum yang diduga berasal pegawai pemko sendiri. Hal tersebut seperti yang terjadi di Jalan Bangka dan Jalan Jawa Palangka Raya, Rabu (7/2).

PKL bahkan ngotot untuk tidak mau ditertibkan dan sempat bersitegang dengan petugas Satpol PP, yang bertugas saat itu. Padahal plang larangan untuk tidak berjualan di sekitar Jalan Bangka sudah dipajang.

Mereka bahkan berani menyampaikan alasan karena sudah membayar sewa lapak di lokasi tersebut kepada seseorang yang mengaku merupakan oknum Satpol PP. Menanggapi hal tersebut Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya yang membidangi perekonomian dan pembangunan Alfian Batnakanti mengatakan para PKL untuk tetap mentaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“PKL tentu wajib untuk mentaati peraturan yang diberlakukan. Hal tersebut tentu untuk menjaga kebersihan dan keindahan Palangka Raya,” ungkapnya.

Sebab, apabila para pedagang tidak mengindahkan apa yang menjadi aturan untuk tidak berjualan diarela terlarang, maka jalan dan Palangka Raya tidak akan menjadi bersih dan indah.

“Akan terkesan kumuh dan tidak bersih apabila pedagang tidak mentaati peraturan. Apalagi di jalan tertentu juga telah dipasang plang larangan berjualan ditempat tersebut,” jelasnya.

Sehari sebelumnya Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya Baru I Sangkai melalui Kabid Trantib Walter mengatakan larangan sudah sangat jelas dan dipajang dilokasi yang dekat dengan sekolahan atau rumah ibadah.

“Hanya saja itu menjadi alasan para pedagang agar barang dagangan tidak ditertibkan, dengan mengada-ada pengakuan yang disampaikan,” ungkap Walter saat itu.

Walter juga menjelaskan bahwa apa yang dikatakan PKL tentu mengundang tandatanya. Artinya diduga ada oknum Satpol PP yang menyalahi aturan untuk kepentingan tertentu. Sehingga pihaknya tentu akan mencati tau kebenaran dari informasi tersebut dan selanjutnya akan ditindak tegas, apabila informasi tersebut benar terjadi.(nue/ram/iha)


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari ini :

  • Total Pengunjung :

Pasang Iklan
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Side Widget
You can put anything you want inside of these side widgets. They are easy to use, and feature the new Bootstrap 4 card containers!
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.