Kamis, 15-02-2018 jam, 08:29:18

Pabrik Arak Dibakar, Pemilik Kabur

Pabrik Arak Dibakar, Pemilik Kabur
Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar berada di lokasi pembuatan miras jenis arak di Kecamatan Arut Utara, baru-baru ini. //SATPOL PP FOR KALTENG POS


PANGKALAN BUN-Setelah diintai selama dua hari, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar), Kabupaten Kotawaringin Barat, berhasil mengungkap keberadaan pabrik arak berskala besar di Kecamatan Aruta sekitar pukul 18.00 WIB, Senin (12/2).Sayangnya, operasi senyap yang dilakukan anggota Satpol PP Kobar diketahui oleh pemilik pabrik arak, saat anggota tiba di TKP yang berada di lebatnya hutan lindung pemiliknya sudah kabur, padahal tungku - tungku di penyulingan masih dalam keadaan menyala.

Kasi Ops dan Pengendalian Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar, Gusti Muhammad Rois melalui Komandan Regu III, Sayid Abdul Badawi mengatakan penggerebekan miras di Kecamatan Aruta, merupakan hasil tindaklanjut dari informasi masyarakat dan monitoring anggota Satpol PP di lokasi selama dua hari.

Pada Minggu (11/2) anggota Satpol PP berjumlah 7 orang, berupaya menembus banjir untuk mencapai lokasi pabrik arak, sulitnya medan yang harus dilalui dengan hutan lindung yang lebat serta lokasi yang berada di sekitar jurang-jurang, membuat anggota Satpol PP yang dipimpin oleh Kasi Ops dan Pengendalian, Kasi Trantibum dan Danru III mengurungkan niatnya dan berbalik arah untuk mengatur siasat."Kami kembali tindaklanjuti dan pukul 18.00 WIB kami berhasil mencapai lokasi, sayangnya pemilik sudah engga ada di tempat," papar Dawi kepada Kalteng Pos, melalui sambungan telepon.

Dari lokasi pabrik arak, anggota telah mengamankan barang bukti satu pabrik miras, dengan arak yang siap edar sebanyak 6 karung arak, masing-masing isi 20 liter, 3 dandang besar untuk penyulingan dan 3 tungku untuk pemasak arak. Menurutnya dari informasi yang berhasil didapat selain pabrik yang ditemukan masih ada sekitar 7 lokasi lain yang hingga saat ini belum diketahui posisinya. Saat ini pabrik tersebut telah dibakar petugas. Sejumlah miras sudah diamankan untuk barang bukti. “Pabrik miras ini belum diketahui pemiliknya, karena saat digerebek dalam keadaan sepi,” pungkasnya. (*tyo/ala/dar)