Kamis, 15-02-2018 jam, 09:17:16

BISA MEREPOTKAN

BISA MEREPOTKAN
HENRIKH MIKHITARYAN

STOCKHOLM – Arsenal akan bertandang ke Swedia untuk menghadapi tuan rumah Ostersunds di leg pertama babak 32 besar Liga Europa 2017/18, Jumat (16/2) dini hari WIB. Dari segi kualitas, Arsenal lebih tangguh dan pantas diunggulkan menang, apalagi calon lawannya kali ini adalah tim debutan di kompetisi Eropa. Tapi kalau melihat catatan tandang dan performanya yang angin-anginan, tidak aneh jika The Gunners—sebutan Arsenal, cukup diragukan. Bahkan tuan rumah bisa membuat repot Arsenal.

Akhir pekan lalu, Arsenal kalah 0-1 pada derby Premier League melawan Tottenham. Dengan hasil tersebut, berarti pasukan Arsene Wenger selalu kalah dalam tiga laga tandang terakhirnya (1-2 vs Bournemouth, 1-3 vs Swansea, 0-1 vs Tottenham). Mereka juga hanya menang tiga kali dalam sepuluh laga terakhir di semua ajang (M3 S3 K4).

Arsenal hanya menang dua kali dalam sepuluh laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M2 S4 K4). Di fase grup pun Arsenal sempat kalah 0-1 saat melawat ke markas Koln, setelah sebelumnya menang di kandang BATE (4-2) dan Red Star (1-0).

Ada beberapa perubahan signifikan pada skuat setelah bursa transfer Januari. Alexis Sanchez, Olivier Giroud dan Theo Walcott telah dilepas ke klub lain. Giroud dan Walcott adalah top scorer Arsenal di fase grup (masing-masing 3 gol). Walcott bahkan tercatat sebagai penyumbang assist terbanyak (4 assist).

Sebagai gantinya, Arsenal mendatangkan Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang. Aubameyang berstatus cup-tied karena sudah bermain untuk Borussia Dortmund musim ini, dan mantan klubnya itu sekarang berada di kompetisi yang sama dengan Arsenal. Tapi Mkhitaryan bisa main di Liga Europa dan Arsenal telah mendaftarkannya.

Arsenal lolos sebagai juara Grup H dengan poin 13 (M4 S1 K1), mencetak 14 gol dan hanya kebobolan empat gol. Jika ingin melangkah lebih jauh, Arsenal harus melewati hadangan Ostersunds dengan rekor kandangnya yang mengagumkan.

Dalam enam laga kandang yang telah mereka mainkan di Liga Europa musim ini, dari babak kualifikasi hingga fase grup, Ostersunds meraih lima kemenangan dan hanya sekali imbang. Lima kemenangan itu bahkan semuanya dilalui tanpa kebobolan (2-0 vs Galatasaray, 1-0 vs Fola Esch, 2-0 vs PAOK, 1-0 vs Hertha Berlin, 2-0 vs Zorya). Hanya Athletic Bilbao yang bisa pulang dari markas Ostersunds dengan gol dan terhindar dari kekalahan (imbang 2-2).

Pelatih Ostersunds, Graham Potter, menangani Ostersunds sejak tahun 2010. Pelatih asal Inggris itu telah membawa mereka dari divisi empat ke babak knockout Liga Europa. Hasil kerjanya luar biasa. Pasti akan lebih hebat jika dia bisa membawa tim debutan ini, yang namanya saja mungkin baru didengar, hingga menyingkirkan Arsenal.

Memang di atas kertas, Arsenal harusnya bisa menang dengan mudah. Namun performa Arsenal di luar kandang kurang meyakinkan. Ostersunds sudah menghadirkan kejutan di Liga Europa musim ini. Bukan tidak mungkin bagi mereka untuk merepotkan tim sekelas Arsenal. (net/jpnn/ens/dar)


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari ini :

  • Total Pengunjung :

Pasang Iklan
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Side Widget
You can put anything you want inside of these side widgets. They are easy to use, and feature the new Bootstrap 4 card containers!
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.
Artikel
Cinque Terre
You can put anything you want inside of these side widgets.