Rabu, Tanggal 11-04-2018, jam 04:34:35

Bahaya! Jangan Kucek Mata Anda

Bahaya! Jangan Kucek Mata Anda
ilustrasi

SAAT lelah, tubuh Anda akan menunjukan gesture akan kondisi tersebut, mulai dari menguap hingga mata yang perih, berair dan terasa berat.

Dalam kondisi seperti ini, mereka yang ingin tetap terjaga dari kantuk biasanya akan mulai mengucek matanya. Kebiasaan banyak orang ini memang terbukti secara ilmiah memberi manfaat, dalam hal ini membuat Anda merasa terjaga seketika.

Namun perlu dicatat, ketika manfaatnya memang nyata, namun ketika dilakukan terus menerus, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pengelihatan sekaligus mempengaruhi fitur wajah Anda.

Menurut Anupama B. Horne, M.D., chief for comprehensive ophthalmology di Duke Eye Center, kebiasaan Anda mengucek mata, terlebih ketika dilakukan terlalu kasar, dapat memicu terjadinya kerusakan pada mata dan struktur di sekitarnya.

Jika ada debu, lanjut dia, atau partikel lain pada permukaan mata, dapat menyebabkan luka gores pada kornea mata, dan menurut dia, kondisi ini rasanya sakit bukan main. Sensasinya mirip seperti ada yang nyangkut di biji mata, sakitnya sendiri bisa bertahan dalam yang cukup lama.

Selain masalah di atas, kebiasaan mengucek mata yang kasar juga dapat menyebabkan terjadinya pecahnya pembuluh dari di bagian putih mata dan lainnya, kebiasaan ini dapat memicu terciptanya lingkaran hitam di wajah, membuat Anda jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Tunggu, jika Anda pikir masalahnya berhenti di situ, Anda salah besar. Menurut Dr. Horne, pada kasus yang lebih serius, kebiasaan mengucek mata, pada orang tertentu, dapat menyebabkan penipisan progresif dan perubahan pada bentuk kornea mata atau disebut keratoconus.

Ketika hal ini terjadi, maka yang Anda rasakan pertama kali adalah penurunan pada kemampuan Anda melihat. Operasi mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini.

Jika Anda merasa perlu untuk mengucek mata, maka pilihan terbaik Anda seharusnya jatuh pada obat tetes mata dan tinggalkan kebiasaan lama Amda. (ruf/fajar/JPG)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Jul 18


Sabtu, 21-07-2018 : 09:53:22
Dinsos Kalteng Latih Tenaga Pelopor Perdamaian

PALANGKA RAYA - Dalam rangka turut berpartisipasi dalam upaya pencegahan terjadinya konflik sosial di Provinsi Kalteng, Dinas Sosial Kalteng menyelenggarakan pelatihan tenaga pelop ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:51:24
Disbudpar Gelar Pelatihan Dasar

PALANGKA RAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng menggelar pelatihan dasar sdm kepariwisataan bagi guru di Aquarius Hotel Palangka Raya, Jumat (20/7).

... Read More
Sabtu, 21-07-2018 : 09:49:37
Amankan Generasi Muda, PKK Gelar Sosialisasi

PALANGKA RAYA - Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng dan Kabupaten Pulang Pisau bekerja sama menggelar sosialisasi masalah HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba, Kamis (19/7) bertempat ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:46:39
Kenali Beda Filler, Botox, dan Tanam Benang

KECANTIKAN bisa dipertahankan dengan perawatan yang tepat. Kini sedikitnya ada tiga perawatan kecantikan wajah yang sedang populer dan menjadi favorit. Di antaranya filler, botox, ... Read More