Minggu, Tanggal 15-04-2018, jam 05:22:45
Dari Balik Puing Reruntuhan Kebakaran Mess Karyawan

Tinggal Baju di Badan, Uang Tabungan Pendidikan Hangus

Share
Tinggal Baju di Badan, Uang Tabungan Pendidikan Hangus
Korban kebakaran yang kehilangan puluhan juta uang tabungan Pendidikan dan tersisa pakaian yang dikenakan, Sabtu (14/4). (KOKO)

Kebakaran menjadi musibah yang melanda warga RT 11b, Jalan Perwira, Kelurahan Mendawai, Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Api mengamuk sejumlah rumah dan berdampak pada warga sekitar.

KOKO SULISTYO, Pangkalan Bun 

SIANG itu, Iqbal sedang bercengkerama bersama keluarganya. Tiba-tiba, warga di perkampungan padat penduduk, RT 11b, Kelurahan Mendawai, digegerkan peristiwa kebakaran mess karyawan PT Korindo Ariabima Sari (KAB), Sabtu (14/4) sekitar pukul 11.30 WIB. Api membumbung tinggi, menyentakkan warga sekitar berhamburan ke lokasi kejadian.

Api dengan cepat membakar mess berusia puluhan tahun yang terbuat dari kayu itu. Para penghuni mess tak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya. Salah satunya adalah penghuni mess blok H, Iqbal.  Ia dikejutkan kepulan asap tebal masuk melalui lorong antar blok. Sontak saja ia ke luar rumah. Tapi lidah api sudah menjilat mess di sebelahnya.

Nalurinya sebagai sang ayah muncul. Ia seketika menggendong anaknya dan menarik istrinya untuk menyelamatkan diri ke luar dari mess. “Padahal saya sedang duduk-duduk di rumah, mendengar suara gaduh saya melihat ke luar dan asap sudah memenuhi lorong, yang saya ingat adalah menyelamatkan keluarga saya, karena api sudah melahap kamar sekitar tempat saya,” ucap Iqbal kepada Kalteng Pos.

Di pikiran Iqbal, menyelamatkan keluarganya dari amukan si jago merah yang paling utama. Saat keluarganya berhasil keluar dari lokasi mess, ia berniat balik menyelamatkan barang-barang berharga. Tapi ia dipaksa mengurungkannya karena api sudah besar dan membakar kamarnya.

Ia terduduk lesu. Harta miliknya ludes. Surat berharga, perhiasan, uang tabungan sebesar Rp3 juta dan barang berharga lainnya hangus.  “Saya dan istri serta anak saya tidak membawa apa-apa hanya baju di badan yang terbawa,” ujar Iqbal sambil mengusap air mata yang tak mampu dibendungnya.

Sinar yang saat itu sedang tidak ada di rumah, mendapat kabar dari keluarganya bahwa rumahnya sudah ikut terbakar. Ia ingat anaknya sedang tidur di rumah dan ia meminta tolong saudaranya untuk melihat memastikan anaknya selamat.

“Rupanya saat kebakaran anak saya sedang tidur di kamar dan dalam keadaan terkunci, saat saya beritahu saudara segera masuk ke rumah yang apinya sudah besar, Alhamdulillah saat pintu didobrak anak saya segera bangun dan menyelamatkan diri,” ujar Sinar.

Sinar masih bersyukur kepada Allah SWT, dua orang anaknya masih selamat. Ia tak menyesali uang pendidikan anaknya sebesar Rp20 juta, kendaraan roda dua, perhiasan serta surat berharga ludes. Baju yang melekat di badan merupakan satu-satunya barang yang tidak ikut terbakar.

Bukan hanya sinar dan Iqbal tapi puluhan Kepala Keluarga (KK) yang mayoritas karyawan PT KAB, dan delapan rumah warga mayoritas tak sempat menyelamatkan barang-barangnya, bahkan ada satu warga yang tiga kendaraan roda duanya hangus terbakar.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 19 Oct 18


Kamis, 27-09-2018 : 08:51:43
Dahulu Lulus Pilih Kerja, Sekarang Kuliah

Buku adalah gudang ilmu. Gemar membaca membuat wawasan semakin terbuka. Tak semua orang berkesempatan memiliki segudang buku dan membacanya. Meski dari desa terpencil ratusan kilometer dari pusat k ... Read More

Selasa, 25-09-2018 : 07:14:35
Tolak Lamaran Pangeran, Terima Sangalang

Nyai Undang. Perempuan berparas cantik dari kerajaan ternama di Negeri Tanjung Pematang Sawang. Putri kerjaan ternama Sempung Danyai Nunyang. Kecantikanya terdengar hingga penjuru negeri. Berikut k ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 06:57:11
Berbeda Warna dan Pilihan, Jangan Lupa Saudara

Bendera start kampanye telah berkibar. Penyelenggara pemilu khususnya KPU dan Bawaslu mulai dipacu. Memelototi seluruh potensi kecurangan dan kerawanan dalam setiap tahapan pemilu. Dengan mengundan ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 08:24:57
Biaya Operasi Hasil Sumbangan dari Warganet

Anak adalah titipan Tuhan Yang Maha Esa. Setiap orang tua tentu semaksimal mungkin membahagiakan anaknya. Begitu pun soal kesehatan. Seperti yang dilakukan Fitri, ibu dari bayi Misbah yang terl ... Read More