Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 09:42:31

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan
RSUD Pulpis dipenuhi warga yang diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi nasi bungkus saat kampanye paslon Bupati dan Wabup Pulpis, Idham dan Ahmad Jayadikarta, Senin (16/4). (BADARUDIN/KALTENG POS)

PULANG PISAU- Ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa harus dilarikan ke puskesmas terdekat dan rumah sakit di Pulang Pisau. Mereka mengalami pusing kepala, mual, muntah hingga sering buang air besar (BAB) sejak Minggu sore (15/4) hingga Senin (16/4). Warga yang jumlahnya mencapai 242 orang itu diduga mengalami keracunan makanan. Karena sebelumnya mereka mengonsumsi nasi bungkus yang dibagikan, setelah mengikuti kampanye Pilkada Pulpis di Desa Garantung, Kecamatan Maliku.  Selain warga, seorang kapolsek yang kebetulan mengamankan dan memantau kampanye itu, sempat mengalami keracunan.

Karena kapolsek itu sempat mencicipi nasi bungkus dari tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang berkampanye saat itu. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulpis dr Mulyanto Budihardjo mengatakan, jumlah warga yang diduga keracunan sebanyak 242 orang yang terdata di RSUD Pulpis. Sementara yang di Puskesmas Maliku masih belum tahu jumlah pastinya.  "Namun, sebagian sudah ada yang pulang dan ada juga yang rawat inap," kata Mulyanto, kemarin. 

Dijelaskannya, pihaknya masih belum bisa memastikan bakteri jenis apa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi masyarakat tersebut. Tapi pihaknya sudah mengambil beberapa sampel dari nasi bungkus itu untuk diuji di laboratorium.  "Seperti bekas muntahan, tempat memasak maupun makanannya. Sudah dikirim ke BPOM Palangka Raya. Mungkin sekitar empat sampai lima hari baru keluar hasilnya," ungkapnya. (bad/ce/ens/CTK/dar)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Jul 18


Sabtu, 21-07-2018 : 11:33:37
Jangan Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Kebencian

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Maman Imanulhaq berharap tidak ada oknum yang menggunakan tempat ibadah untuk menyebarkan ujaran kebencian.

“Kalau benar, ini menjadi semacam peringatan ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 08:55:04
Polisi Fokus Selidiki Orangtua dari Bayi yang Dibuang ke Sungai

PURUK CAHU - Aparat Polsek Murung memberi respons terhadap penemuan bayi yang ditemukan warga sedang hanyut di perairan Sungai Barito, sekitar Pelabuhan Bahitom atau Darmaga Putir ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:55:07
HEBOH ! Keluarga Pasien Lihat Api, Kantin RSUD Kapuas Terbakar

KUALA KAPUAS - Kesunyian menjelang pagi di Kota Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas, dihebohkan dengan adanya amukan jago merah. Kebakaran melanda bangunan kantin RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:26:51
Formasi CPNS Kalteng Masih Diusulkan ke Pemerintah Pusat

PALANGKA RAYA-Beredarnya kabar seputar rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kalteng, membuat resah sejumlah masyarakat. Padahal, formasi CPNS Kalteng masih diusulkan ke pemerinta ... Read More