Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 09:42:31

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan
RSUD Pulpis dipenuhi warga yang diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi nasi bungkus saat kampanye paslon Bupati dan Wabup Pulpis, Idham dan Ahmad Jayadikarta, Senin (16/4). (BADARUDIN/KALTENG POS)

PULANG PISAU- Ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa harus dilarikan ke puskesmas terdekat dan rumah sakit di Pulang Pisau. Mereka mengalami pusing kepala, mual, muntah hingga sering buang air besar (BAB) sejak Minggu sore (15/4) hingga Senin (16/4). Warga yang jumlahnya mencapai 242 orang itu diduga mengalami keracunan makanan. Karena sebelumnya mereka mengonsumsi nasi bungkus yang dibagikan, setelah mengikuti kampanye Pilkada Pulpis di Desa Garantung, Kecamatan Maliku.  Selain warga, seorang kapolsek yang kebetulan mengamankan dan memantau kampanye itu, sempat mengalami keracunan.

Karena kapolsek itu sempat mencicipi nasi bungkus dari tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang berkampanye saat itu. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulpis dr Mulyanto Budihardjo mengatakan, jumlah warga yang diduga keracunan sebanyak 242 orang yang terdata di RSUD Pulpis. Sementara yang di Puskesmas Maliku masih belum tahu jumlah pastinya.  "Namun, sebagian sudah ada yang pulang dan ada juga yang rawat inap," kata Mulyanto, kemarin. 

Dijelaskannya, pihaknya masih belum bisa memastikan bakteri jenis apa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi masyarakat tersebut. Tapi pihaknya sudah mengambil beberapa sampel dari nasi bungkus itu untuk diuji di laboratorium.  "Seperti bekas muntahan, tempat memasak maupun makanannya. Sudah dikirim ke BPOM Palangka Raya. Mungkin sekitar empat sampai lima hari baru keluar hasilnya," ungkapnya. (bad/ce/ens/CTK/dar)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Apr 18


Minggu, 22-04-2018 : 05:48:30
Geger....!!! Mayat Ditemukan Tergantung di Masjid

PALANGKA RAYA- Warga yang berada di lingkungan eks Terminal Km 8 Jalan Tjilik Riwut mendadak geger. Sesosok mayat ditemukan tergantung di Masjid Al Ikhlas, Jalan Tjilik Riwut Km 8, Minggu pagi (22/4). Mayat yang sudah mengeluarkan bau busuk itu ditemukan pertama kali oleh Gito, yang curiga dengam bau busuk yang menyengat dari dalam tempat wudhu dan toilet yang sudah tidak terpakai.

&q ... Read More

Minggu, 22-04-2018 : 07:58:39
Pulpis Sukses Jadi Tuan Rumah MTQ

PULANG PISAU-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Kalteng di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) telah berakhir. Selama sepekan, para kafilah dari seluruh kabupaten atau kota se-Kalteng mengikuti berbagai perlombaan.  Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pulpis dan seluruh panitia penyelenggara MTQ. Pulpis d ... Read More