Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:01:14
DPRD Kota

Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai

Share
Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai
Abdul Hayie

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya angkat bicara tentang keamanan kapal wisata. Semakin menjamurnya kapal wisata atau kapal susur sungai di beberapa tempat wisata di Palangka Raya, dinilai belum sepenuhnya memiliki alat keselamatan yang layak.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie, mengatakan, kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya untuk memerhatikan sarana keselamatan kapal wisata. Hal itu harus menjadi perhatian, pasalnya menyangkut keselamatan penumpang yang menggunakan jasa wisata susur sungai.

 “Ini bukan cuma masalah wewenang, memang hal itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah keselamatan penumpang apakah layak atau tidaknya,“ terangnya.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, agar Dishub memerhatikan kelayakan kapal atau perahu susur sungai yang ada, apakah perahu itu layak atau tidak untuk berlayar.  Diharapkan, pemerintah tidak lalai, demi keselamatan masyarakat yang menggunakan jasa wisata sungai tersebut.

Menurut dia, sarana keselamatan dan kelayakan berlayar harus dirundingan bersama, antara pemilik kapal dan Dishub Kota Palangka Raya. Jangan sampai nantinya ada kejadian kecelakaan, baru lah diambil langkah untuk menangani. Yang akhirnya saling lempar tanggungjawab.

“Dishub punya kewenangan terhadap pelayaran, jadi berhak mengambil keputusan. Andaikan ada temuan, kurangnya standar berlayar, maka diharapkan Dishub mengambil tindakan tegas kepada pihak pengelola,” tegasnya. (ena/aza/iha/CTK)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 10:51:45
DKPP Telah Memvaksin Anti Rabies Sebanyak 6.820 Paket

PALANGKA RAYA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya telah memvaksin anti rabies (VAR) sebanyak 6.820 paket. Vaksinasi ini sudah mencapai 98 persen dari t ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 11:50:33
Jaga Kebersamaan dan Sinergitas

PALANGKA RAYA-Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa wilayah di Kalteng diguyur hujan dengan rata-rata berintensitas tinggi. Hal ini tentu membawa dampak positif karena mampu memadamkan titik api ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 10:58:16
Titik Panas di Kota Cantik Capai 86 Titik

PALANGKA RAYA - Berdasarkan pantauan tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla sampai dengan September 2018, total titik panas (hotspot) di Kota Palangka Raya mencapai 86 titik. Dengan to ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 02:31:35
Plt Direksi Perusda Segera Ditunjuk

PALANGKA RAYA-Pemprov Kalteng mengakui bahwa jajaran Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) PT Banama Tingang Makmur (PT BTM) secara resmi sudah mengundurkan diri. Untuk mengantisipasi kekosongan jaba ... Read More