Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:01:14
DPRD Kota

Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai

Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai
Abdul Hayie

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya angkat bicara tentang keamanan kapal wisata. Semakin menjamurnya kapal wisata atau kapal susur sungai di beberapa tempat wisata di Palangka Raya, dinilai belum sepenuhnya memiliki alat keselamatan yang layak.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie, mengatakan, kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya untuk memerhatikan sarana keselamatan kapal wisata. Hal itu harus menjadi perhatian, pasalnya menyangkut keselamatan penumpang yang menggunakan jasa wisata susur sungai.

 “Ini bukan cuma masalah wewenang, memang hal itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah keselamatan penumpang apakah layak atau tidaknya,“ terangnya.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, agar Dishub memerhatikan kelayakan kapal atau perahu susur sungai yang ada, apakah perahu itu layak atau tidak untuk berlayar.  Diharapkan, pemerintah tidak lalai, demi keselamatan masyarakat yang menggunakan jasa wisata sungai tersebut.

Menurut dia, sarana keselamatan dan kelayakan berlayar harus dirundingan bersama, antara pemilik kapal dan Dishub Kota Palangka Raya. Jangan sampai nantinya ada kejadian kecelakaan, baru lah diambil langkah untuk menangani. Yang akhirnya saling lempar tanggungjawab.

“Dishub punya kewenangan terhadap pelayaran, jadi berhak mengambil keputusan. Andaikan ada temuan, kurangnya standar berlayar, maka diharapkan Dishub mengambil tindakan tegas kepada pihak pengelola,” tegasnya. (ena/aza/iha/CTK)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Apr 18


Senin, 23-04-2018 : 02:09:59
Seleksi Sekda Segera Dibuka, Pejabat Luar Boleh Ikut

PALANGKA RAYA-Sejak Desember 2016 lalu, posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng hanya diisi Penjabat (Pj) dan Pelaksana Tugas (Plt). Bahkan dalam kurun waktu Desember 2016-April 2018, posisi pejabat tertinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) pemprov itu sudah berganti tiga kali, yang kini dipercayakan kepada Fahrizal Fitri.

Namun dalam waktu beberapa bulan ke depan, Jabatan Pimpi ... Read More

Sabtu, 21-04-2018 : 10:48:15
Kereeennn Nich...! Operator SPBU Juga Pakai Kebaya

PALANGKA RAYA-Berbagai cara dilakukan untuk mengenang perjuangan Pahlawan Nasional RA Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Kalangan wanita biasanya mengenakan busana kebaya sebagai bentuk peringatan. Bahkan operator SPBU  di Jalan Seth Adji juga melakukan hal serupa. Melayani pengisian BBM dengan tampil menggunakan aneka macam kebaya. Sontak pemandangan yang tidak lazim tersebut menja ... Read More