Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:58:40
DPRD Bartim

Sungai Harus Dijaga Kebersihannya

Sungai Harus Dijaga Kebersihannya
Cilikman Jakri

TAMIANG LAYANG – Anggota DPRD Kabupaten Bartim, H Cilikman Jakri kembali mengingatkan, masyarakat khususnya yang hidup dibantaran sungai ikut aktif menjaga kebersihan. Lantaran, sungai sebagai sumber kehidupan dan kotornya areal perairan dekat warga berdampak besar terhadap aktivitas sehari – hari. Selain itu dampak kotornya sungai tidak hanya mengakibatkan alirannya ikut tergangganggu, tetapi pemandangan mata jorok. Warga diharapkan sadar terhadap akan kebersihan sungai dan tidak membuang sampah di sungai.

“Kami harapkan sungai bisa terjaga kebersihannya, karena tidak hanya sebagai tanggungjawab pemerintah daerah saja, tetapi juga seluruh masyarakat,” katanya, kepada Kalteng Pos, Senin (16/4).

Politikus asal Gerindra itu menerangkan, sejauh ini banyak larangan dan kerap disampaikan kepada masyarakat.  Mereka diminta berperan aktif sehingga dapat mewujudkan dan tidak hanya dalam perkataannya saja, tetapi juga melalui perbuatan. Dewan mendorong warga karena sungai yang bersih juga menghindarkan dari bibit penyakit seperti, diare lantaran mengonsumsi air sungai.

Selain warga, peran dari pemerintah melalui OPD penanggungjawab melakukan kegiatan normalisasi sungai uga dapat ditingkatkan. Banyak dahan atau ranting dan sampah bekas aktivitas dapat dibersihkan karena menyebabkan aliran tersumbat.

“Dampaknya yang seperti diketahui rawan meluap dan mengakibatkan banjir.  Kami ingin masyarakat dapat menciptakan lingkungan bersih dan asri,”pungkasnya. (log/son/iha/CTK)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Apr 18


Minggu, 22-04-2018 : 08:13:19
Hilang Kendali, Grand Livina Seruduk Rumah Warga

PANGKALAN BUN–Dua kendaraan roda empat jenis Grand Livina dan truk tangki terlibat aksi saling salip di Jalan Ahmad Yani KM 11,5 Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Namun nahas, aksi itu berujung meluncurnya Grand Livina keluar badan jalan dan menerjang rumah warga, sekitar pukul 17.30 WIB, Jumat (20/4).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peri ... Read More

Minggu, 22-04-2018 : 08:05:42
Akses Transportasi Warga Lahei Terganggu, Ini Peyebabnya

MUARA TEWEH-Akibat tiang penyangga yang patah, akses melewati Jembatan Sungai Pemajan di Kelurahan Lahei  I Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara, menjadi terganggu. Pasalnya, memilih menutup jembatan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Menurut salah seorang warga Lahei I, H Taju, patahnya tiang jembatan itu akibat longsornya tanah di bawah jembatan.  

“Dalam ... Read More