Senin, Tanggal 23-04-2018, jam 01:35:18

Promosikan Budaya Barsel di FBIM

 Promosikan Budaya Barsel di FBIM
Salah satu tarian andalan Kontingen Barsel yang bakal ditampilkan di ajang FBIM tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Kapuas Mei 2018 mendatang.(DOKUMEN BIRO BARSEL)

BUNTOK –  Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Kabupaten Barito Selatan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ajang kebudayaan. Bahkan beberapa kesenian dan tarian sudah dipersiapkan dalam ajang digelarnya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Bulan Mei 2018 mendatang. Dan keikutsertaanya nantinya mampu manjadi ajang promosi agar apa yang dimiliki ini  bisa dikenal masyarakat luas. 

“Kami minta agar apa yang dimiliki khususnya kebudayaan yang ada di Barsel ditampilkan dan mampu memberikan yang terbaik dalam ajang tersebut. Karena ajang tersebut mampu dijadikan sebagai tempat promosi untuk mengenalkan daerah ini,”kata Wakil Ketua DPRD Barsel H. Hasanuddin Agani SE belum lama ini.

Menurutnya, kebudayaan yang dimiliki di daerah berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu dapat diketahui dan dikenal masyarakat luas. Dan tentunya ini menjadi tugas utama dari Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel yang lebih pro aktif dalam mengembangkannya termasuk melakukan promosi. Pihaknya juga merasa yakin nantinya kontingen Barsel bakal meraih yang terbaik, dengan menampilkan beragam jenis budaya yang dimiliki.

“Kami yakin Barsel akan jadi yang terbaik, karena beberapa kali selalu mewakili Provinsi Kalteng, tampil di Jakarta. Budaya yang ada ini selalu mengikuti dan tampil pada kegaiatan ditingkat nasional,”ungkapnya.

Politisi dari Partai Golkar menambahkan, tentunya dengan tetap menjaga kelestarian budaya daerah, diyakini akan berdampak positif. Salah satunya  terhadap peningkatan kontribusi daerah dalam hal ini PAD. 

“Bayangkan  saja  bila wisatawan lokal dan manca negara sering berkunjung ke Barsel. Mereka tidak hanya melihat tarian dan seni budaya yang dimiliki, tetapi juga melihat wisata yang ada di Barsel, sehingga mampu menambah  PAD setiap tahunnya,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Disporaparbud Barsel Suhardi, , sebanyak 130 peserta dari Barsel akan mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM). Dan semuanya mengaku sudah mempersiapkan diri agar nantinya mampu meraih prestasi di ajang tersebut. Nantinya para peserta   dari Barsel akan mengikuti 14 cabang lomba tradisional dari 19 cabang yang dipertandingkan.  Pada gelaran FBIM tahun ini, Barsel sendiri memiliki target  untuk  meraih juara umum yang diapresiasi dengan persiapan dan latihan yang maksimal selama ini.

 “Beberapa cabang andalan kita seperti  balogo, bagasing, maneweng manetek, mangacal lauk dipastikan akan meraih juara. Kami optimis meraih medali emas termasuk cabang lomba terukur lainnya,” ungkap Suhardi. (ner/son)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 15 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 12:21:32
Dewan Dukun Ditetapkannya Desa Tumbang Manggu

KASONGAN – Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa mendukung telah ditetapkannya Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei sebagai Kampung Merah Putih. Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:17:50
Program Bebas Prostitusi Lokalisasi Harus Jelas

TAMIANG LAYANG – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bartim, Raran menginginkan, para pihak berkompeten salah satunya Dinas Sosial (Dinsos) mengungkap tempat hiburan malam (THM) ya ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:15:06
Edy-Taty Bisa Penuhi Semua Janji Politiknya

PULANG PISAU - Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pulang Pisau telah memasuki babak akhir. Rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih pun sudah dilaksanakan Kom ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 12:11:59
Dewan Berikan Apresiasi Langka Pemkab

KUALA PEMBUANG - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan terus melakukan pembangunan jalan rupanya mendapatkan dukungan. Kali ini dari DPRD Seruyan yang mendukung dan mengapres ... Read More