Senin, Tanggal 14-05-2018, jam 06:33:40

3 Kebiasaan Sehat ini Bisa Membantu Anda Panjang Umur

Share
3 Kebiasaan Sehat ini Bisa Membantu Anda Panjang Umur
Ilustrasi wanita cantik sedang menghirup udara segar. Foto Woman Healthy

Ada banyak cara agar Anda bisa tetap sehat dan panjang umur.Beragam kebiasaan sehat bisa Anda terapkan sedini mungkin supaya bisa menikmati hidup yang panjang dan bahagia bersama keluarga. Angka harapan hidup di setiap negara berbeda-beda. Kisarannya adalah antara 60-80 tahun. Ada yang hidup di atas rentang usia tersebut, tapi banyak juga yang di bawahnya.

Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, ada tiga negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi, yaitu Korea Selatan, Italia, dan Jepang.Untuk bisa panjang umur seperti penduduk di negara-negara tersebut caranya cukup sedarhana.

“Hampir semuanya berkisar pada pola makan yang baik dan olahraga secara teratur. Anda bisa mencobanya di rumah bersama keluarga, dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga kondisi di Indonesia,” kata dr. Astrid.

Dilansir dari laman Newsweek, sejumlah peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, berkolaborasi untuk menemukan cara agar seseorang bisa berumur panjang. Sederet tiga kebiasaan ini pun terangkum sebagai hasil penelitian.

Dalam menunjang penelitian, tim menilai kuesioner gaya hidup dan catatan medis yang kurang lebih berjumlah hingga 123 ribu relawan, yang diselesaikan selama 34 tahun lamanya. Harapan hidup rata-rata peserta yang mengikuti lima kebiasaan sehat ini meningkat, mencapai 12 tahun pada pria dan 14 tahun pada wanita. Apa saja kebiasaan tersebut?

1.Menerapkan diet sehat.

Menjaga berat badan ideal itu penting dalam mengurangi risiko serangan penyakit. Anda dapat menerapkan hidup sehat, tapi usahakan jangan sampai terlalu ketat. Diet sehat ini bisa meliputi daging merah, gula, dan lemak jenuh, lalu perbanyak konsumsi sayuran, buah, serta biji-bijian.

2. Menyudahi berbagai kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk yang dimaksud di sini adalah: merokok, pola tidur berantakan, malas bergerak, berhenti belajar mengenai banyak hal, serta konsumsi alkohol yang berlebihan.

“Jika Anda merokok, berhentilah sekarang juga! Sejauh ini, menyudahi kebiasaan merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan, firma asuransi, dan sistem kesehatan di negara dari mana Anda berasal,” kata Evan Kontopantelis, peneliti dari Universitas Manchester, Inggris.

Untuk konsumsi alkohol, sebetulnya diperbolehkan asal harus dalam takaran yang pas. Ada sebuah anjuran bahwa mengonsumsi minuman beralkohol tidak boleh lebih dari 15 gram per hari untuk wanita, dan maksimal 30 gram per hari untuk pria.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Oct 18


Senin, 10-09-2018 : 02:46:52
Anda Patah Hati ? Ini Sepuluh Jurus Ampuh untuk Mengobatinya

Patah hati memang menyakitkan, apalagi bagi perempuan. Biasanya, seseorang yang patah hati seringkali kehilangan gairah dalam hidup. Bahkan yang paling ekstrem, mereka akan menyendiri atau mengurun ... Read More

Sabtu, 25-08-2018 : 11:37:01
Tidak Hanya Mewujudkan Peradilan Bersih

Memimpin lembaga peradilan bukan tugas yang mudah, apalagi selama ini untuk menjalankan tugas tersebut identik dengan laki-laki. Namun, ada hal berbeda di Pengadilan Negeri (PN) Kuala Kapuas, u ... Read More

Minggu, 05-08-2018 : 08:34:54
Ketekunan Niang Menghasilkan Kesuksesan

MUNGKIN tidak banyak pengusaha yang tertarik untuk bergelut pada usaha anyaman rotan. Pasalnya, selain bahan dasar rotan cukup sulit dicari, pemasarannya juga membutuhkan tenaga ek ... Read More

Sabtu, 04-08-2018 : 07:54:02
Serba Hitam dan Bunga

TAK hanya sekedar penutup aurat, busana muslimah kini hadir dalam gaya yang lebih trendi. Model kekinianpun muncul untuk mempercantik si pemakainya. Seperti yang ditampilkan l ... Read More