Kamis, Tanggal 17-05-2018, jam 10:51:15
Pemko Palangka Raya

Ada Lima Titik Pasar Ramadan

 Ada Lima Titik Pasar Ramadan
Sejumlah pedagang sedang menyiapkan lapak yang akan digunakan untuk berjualan aneka takjil khas buka puasa itu di kawasan Jalan RA Kartini, Selasa (15/5). (HERMAWAN/KALTENGPOS)

PALANGKA RAYA - Pasar Ramadan yang selalu hadir saat bulan puasa, hari ini, akan secara resmi dibuka oleh Wali Kota Palangka Raya Riban Satia. Secara simbolis pembukaan akan dilakukan di Pasar Ramadan Jalan Soekarno lingkar dalam, depan Masjib Kubah Kecubung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Palangka Raya Aratuni D Djaban mengatakan, dari hasil rapat penetapan Pasar Ramadan bahwa dari lima titik yang ada total lapak ke seluruhan ada sekitar 275 lapak.

“Di mana mereka (pedagang, red) sudah dapat menempati lapak-lapak yang ada yang sudah diatur oleh LKK ataupun pengelola oleh masyarakat di sekitar kawasan itu,” ujarnya kepada Kalteng Pos, Rabu (16/5).

Aratuni menjelaskan, jumlah 275 lapak tersebut terbagi  132 lapak di Jalan RA Kartini, 33 lapak di Masjid Salahudin Universitas Palangka Raya, 40 lapak di Masjid Kubah Kecubung dan 25 lapak di Pasar Rajawali, serta 45 lapak di Pasar Kahayan. Dengan biaya sewa semuanya pengelolaannya dilakukan oleh pengurus atat LKK tadi.

“Sebagai diketahui pula pemerintah tidak menerima apapun dari pasar wadai ini untuk pendapatan asli daerah (PAD), benar-benar itu untuk masyarakat dan pemerintah hadir memfasilitasi saja,” bebernya.

Kalaupun ada pemasukan ke Pemerintah Pemko (Pemko) Palangka Raya, terangnya adalah dari pungutan parkir dan restribusi sampah saja. Sedangkan, untuk biaya sewa sebagian mungkin ada untuk biaya operasional bagi pengurus.

“Selebihnya itu mereka masyarakat yang mengelolanya, termasuk besaran sewa lapak di setiap titik itu perbulannya, dengan catatan jangan sampai justru memberatkan pedagang, karena kami inginkan adalah semuanya mendapatkan keuntungan berkah di Ramadan ini,” jelas Aratuni.

Diungkapkan, Aratuni pula alasan pembukaan pasar wadai kali ini di Masjid Kubah Kecubung, karena untuk mempromosikan tempat tersebut sebagai tempat wisata kuliner, yang dapat dikunjungi oleh orang dari luar Palangka raya.

“Selain itu, nantinya akan direncanakan sebagai kalender kegiatan tahunan, dari sisi pariwisata juga akan baik adanya, sehingga orang-orang tertarik datang ke sana nantinya,” pungkasnya. (ari/ila/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 May 18


Selasa, 22-05-2018 : 03:45:04
Dua Orang Pelaku Tambang Liar Ditangkap

KASONGAN – Seluruh masyarakat yang bekerja sebagai Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) sebaiknya segera menghentikan pekerjaannya. Pasalnya sekarang ini, aparat Kepolisian Polre ... Read More

Selasa, 22-05-2018 : 01:17:30
KPP Lakukan Konsolidasi Persiapan Hadapi Tahun Politik 2019

PALANGKA RAYA - Guna meningkatkan representasi keterwakilan perempuan di tahun politik 2019, para perempuan dan aktivis politik Se Kalimantan Tengah mengadakan konsolidasi bersama ... Read More

Selasa, 22-05-2018 : 11:29:46
Peluang Perempuan Rebut Kursi Legislatif Semakin Sulit

PALANGKA RAYA-Perubahan sistem penghitungan dan penentuan perolehan kursi legislatif pada Pemilu 2019, berdampak pada peluang perolehan kursi partai-partai politik. Salah satu yang paling merasaka ... Read More

Selasa, 22-05-2018 : 11:00:06
Opsar di Pahandut Diserbu Masyarakat

PALANGKA RAYA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Palangka Raya bekerja sama dengan TP PKK Palangka Raya menyelenggarakan operasi pasar (Opsar) di Kelurahan Pahandut, Senin ... Read More