Selasa, Tanggal 22-05-2018, jam 03:45:04
Katingan

Dua Orang Pelaku Tambang Liar Ditangkap

 Dua Orang Pelaku Tambang Liar Ditangkap
Sejumlah petugas Kepolisian dari Polres Katingan, ketika menggerebek lokasi tambang dengan menggunakan alat berat di Sungai Rait Desa Tumbang Banjang Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan, Minggu (22/5).( POLRES KATINGAN)

KASONGAN – Seluruh masyarakat yang bekerja sebagai Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) sebaiknya segera menghentikan pekerjaannya. Pasalnya sekarang ini, aparat Kepolisian Polres Katingan sedang menggelar kegiatan operasi PETI di wilayah hukumnya.

Dari operasi ini sudah ada dua orang pelaku tambang liar bernama Sembung (47) dan Mangasi Harianto Hutagaol (38), ditangkap oleh Satreskrim Polres Katingan Sungai Rait Desa Tumbang Banjang Kecamatan Pulau Malan, Minggu (20/5).

Ironisnya aktifitas tambang yang dilakukan kedua orang ini, tidak hanya sekedar menggunakan alat tradisional seperti menggunakan mesin dompeng pada umumnya. Tetapi sudah menggunakan alat berat Ekskavator merk KOBELCO SK200XD. Kedua orang tersebut yang ditangkap ini, atas nama Sembung selaku pemodal dan Mangasi sebagai operator alat berat. Akibat perbuatannya, kedua orang ini langsung diamankan beserta sejumlah barang bukti termasuk alat berat yang digunakan untuk menggeruk tanah.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting SH SIK MH ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan terhadap para pelaku tambang tanpa ijin. “Barang bukti kini sudah kita amankan, beserta para pelakunya,” kata Kapolres kepada sejumlah wartawan, Selasa (22/5).

Ditegaskan Kapolres, untuk status pemodal dan operator alat berat, kini sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan di Polres Katingan. “Para tersangka, kita kenakan pasal 158 UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba,” ujarnya.(eri/iha/OL)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Sabtu, 23-06-2018 : 10:16:00
Identitas Mayat Berlumpur Masih Misterius

SAMPIT-Identitas mayat pria di pinggir Sungai Mentaya masih misterius. Belum jelas siapa sosok mayat yang pada saat ditemukan berlumur lumpur pada Kamis (21/6). Aparat kepolisian d ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 03:05:26
Jelang Pemilihan, Jangan Saling Hujat

PALANGKA RAYA-Menjelang pemilihan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Rabu 27 Juni nanti, masyarakat dan tim pemenangan diimbau agar tidak saling menghujat, lantaran perbedaan dukungan ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 02:59:30
Harga Cabai dan Ayam Sulit Ditekan

PALANGKA RAYA– Satuan tugas (satgas) pangan mengaku sudah bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan dan ketersedian pangan di Kalteng. Baik sebelum dan sesudah lebaran.

Meski, p ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 11:03:52
Riban Lantik Tiga Pejabat Fungsional

PALANGKA RAYA - Hari pertama masuk kerja ada tiga pejabat fungsional dilantik. Padahal, sepuluh hari sebelumnya Wali Kota Palangka Raya Riban Satia telah melantik pejabat eselon II ... Read More