Jum`at, Tanggal 25-05-2018, jam 04:21:53

Prioritaskan Pembangunan Berdasarkan Keinginan Masyarakat

Prioritaskan Pembangunan Berdasarkan Keinginan Masyarakat
Masyarakat ketika liburan ke pantai objek wisata andalan dalam mengisi waktu libur. (FOTO RID/PE)

SUKAMARA – Saat ini Pemerintah terus melakukan pembenahan, hal ini dilakukan dalam rangka menunjang kebutuhan masyarakat khususnya daerah garis pantai. Pemkab melalui Bidang Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) melakukan beberapa program dalam merealisakannya.

Bidang Pengairan memiliki anggaran yang didapat dari dana alokasi khusus (DAK) serta dari APBD Kabupaten Sukamara. Kegunaannya, untuk membangun irigasi termasuk pemeliharaan dan rehabilitasi, Pembangunan Abrasi, serta jaringan pengairan lainnya termasuk pembuatan embung-embung kecil untuk menanmpung air.

“Kami memiliki program untuk menunjang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian. Dimana, kita selalu memberikan dukungan berupa pembangunan, baik untuk fasilitas maupun sarananya. Jadi kita kerjasama dalam bidang pembuatan irigasi,” kata Kabid Pengairan PUPR Sukamara Agus Mulianto, Kamis (24/5).

Menurutnya, selain itu pihaknya juga memiliki beberapa program lainnya yakni, pembuatan pintu air, tabak, jalan infeksi, guna menunjang para petani dalam segi pelayanan. Tujuannya, untuk mempermudah petani dalam mobilisasi hasil produksi.

“Memang untuk itu semua terkendala dalam segi anggaran. Jadi, intinya kami akan prioritaskan pembangunan berdasarkan keinginan dari masyarakat, meski tidak langsung tuntas,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat ini pembangunan abrasi didukung oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II di Kapuas untuk pengerjaan fisik. Sebelumnya, masuk di BWSK I Pontianak, Kalbar. Namun, karena adanya perubahan dari SK dari Kementerian, sehingga berubah ke Kapuas untuik fisik, tetapi kewenangannya tetap di Pontianak.

“Sebelumnya untuk pengerjaan fisik masuk di BWSK I Pontianak, ditengah perjalanan berubah dan dialihkan ke BWSK II Kapuas. Akibatnya, pengerjaan fisik abrasi tertunda untuk sementara waktu,”ujarnya. (rid/son) 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Sabtu, 23-06-2018 : 11:56:33
PJs Bupati Batara Akhiri Masa Jabatannya

MUARA TEWEH - Hari ini, Pjs Bupati Barito Utara, Drs H Sapto Nugroho MM mengakhiri masa jabatannya. Sebelum kembali bertugas di Pemprov Kalteng, Sapto melakukan kunjungan terakhir ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 11:50:38
Remaja 18 Tahun Diciduk Polisi

BUNTOK - Berhati-hatilah bagi masyarakat yang memarkirkan motornya dalam keadaan tidak terkunci. Terlebih saat acara hiburan. Sebab pencuri selalu mengintai. Seperti kejadian di Ke ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 11:31:49
Polres Kerahkan 263 Personel

PURUK CAHU - Polres Murung Raya (Mura) mengerahkan sebanyak 263 personel untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS). Dari 263 personel itu sebanyak 201 personel mengamankan 201 ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 10:54:05
Kawasan Eks Lokalisasi Bakal Dimanfaatkan Jadi Sirkuit Balap

PANGKALAN BUN - Kawasan eks lokalisasi Dukuh Mola dan beberapa lokalisasi lainnya bakal “Disulap” alias dimanfaatkan menjadi tempat penyalur bakat. Salah satunya memban ... Read More