Jum`at, Tanggal 25-05-2018, jam 05:01:26

RESMI...! Polda Kalteng Naik Jadi Tipe A

Kapolri : Kalteng Merupakan Provinsi Maju dan Berkembang
RESMI...! Polda Kalteng Naik Jadi Tipe A
Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi para jenderal dari Mabes Polri dan kapolda Kalteng, saat penandatanganan prasasti peningkatan tipe A di Mapolda Kalteng, Kamis (24/5). (DENAR/KALTENG POS)

AKHIRNYA Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng resmi naik tipe dari B ke A, Kamis (24/5). Kenaikan tipologi ini, menjadi tantangan berat bagi jajaran Polda Kalteng, untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Kenaikan tipe ini diresmikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada upacara peningkatan tipologi Polda Kalteng dari B ke A. Upacara peresmian ini dilaksanakan di halaman Mapolda Kalteng, dihadiri gubernur Kalteng, forkopimda Kalteng, tokoh adat Dayak, tokoh masyarakat, stakeholder dan masyarakat.

Dalam upacara tersebut, kapolri selaku inspektur upacara (Irup) menyerahkan pataka (bendera) Polda Kalteng, Manunggal Dharma Karya Jaya, kepada Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, sebagai simbol Polda Kalteng secara resmi sudah naik tipe dari B ke A.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kenaikan tipologi ini sudah sesuai kelayakan. Alasan Polda Kalteng naik tipe, di antaranya luas wilayahnya lebih besar dari Pulau Jawa. Banyak usaha-usaha yang berkembang seperti perkebunan, pertambangan, dan lain-lain.

“Provinsi Kalteng ini merupakan provinsi yang cukup maju dan berkembang,” ujarnya.

Selain itu, tantangan kriminalitas juga kian meningkat. Kejahatan konvensional meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Kenaikan tipologi ini tidak terlepas dari aspirasi masyarakat, seperti gubernur, ketua DPRD, dewan adat dayak, dan tokoh masyarakat.

“Aspirasi ini hampir setahun saya tangkap, hingga akhirnya disetujui,” kata kapolri.

Kapolri menuturkan, kewajiban Polda Kalteng setelah naik tipe A ini, yaitu melakukan penyesuaian kepangkatan eselon atau pejabat di jajaran Polda Kalteng. Kalau tipe B kapoldanya dijabat bintang satu (Brigjen), maka setelah naik tipe A akan dijabat jenderal bintang dua (Irjen). Begitu juga jabatan perwira tinggi dan menengah di Polda Kalteng, akan disesuaikan.

Beberapa wilayah juga akan dilakukan pemekaran organisasi kepolisian. Daerah yang belum ada polresnya, akan dibentuk polres. Begitu juga dengan polsek.

“Target anggaran peningkatan dan pengembangan organisasi ini akan disesuaikan dengan tipe polda,” beber jenderal bintang empat ini.

Kepada perwira dan anggota Polda Kalteng, kapolri mengingatkan agar kenaikan tipologi jangan sampai membuat masyarakat makin susah untuk mendapat pelayanan.

“Kalau sampai masyarakat susah, saya turunkan lagi,” tegasnya.

Peningkatan tipologi ini juga harus diimbangi dengan peningkatan kinerja. Situasi wilayah hukum Polda Kalteng harus lebih aman dari sebelumnya, dan masyarakat harus merasa lebih nyaman.

“Jangan masyarakat dipersulit dan menimbulkan masalah. Nanti saya turunkan lagi,” ucapnya.

Semua jajaran Polda Kalteng juga harus melakukan evaluasi apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Kepada masyarakat Kalteng, kapolri meminta masyarakat lebih kritis.

“Bila kurang puas dengan pelayanan kepolisian, maka informasikan ke Mabes Polri,” pungkasnya.

Usai upacara peningkatan tipologi Polda Kalteng dari B ke A, kapolri menandatangani prasasti Polda Kalteng. Kapolda bersama rombongan empat orang jenderal dari Mabes Polri, disuguhi simulasi penanganan antiteror yang diperagakan anggota Gegana Satbrimob Polda Kalteng bersama dengan anggota Polri Polda Kalteng, dan dilanjutkan berbuka puasa bersama di Aula Polda Kalteng. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Minggu, 24-06-2018 : 08:22:50
Niat Cari Ikan Malah Tewas Tersedot Lubang Bekas Tambang

KASONGAN–Niat mencari ikan berujung maut. Seorang warga Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan bernama Doni (30), ditem ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 08:07:18
Takut Banyak yang Tak Terakomodasi

Sebulan lagi DPR RI dan pemerintah akan melakukan rapat kerja (raker) gabungan lanjutan untuk menetapkan status honorer K2 (kategori dua). Ada h ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 08:03:35
Semua Janjikan Inovasi Baru

PALANGKA RAYA–Hari ini (24/6), tahapan Pilkada Serentak telah memasuki masa tenang. Rangkaian panjang kampanye secara res ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 06:31:05
Rumah dan Isinya di Depan Rujab Camat Montallat Ludes Terbakar

MUARA TEWEH - Kebakaran melanda rumah warga persis di depan rumah jabatan Camat Montallat Kelurahan Tumpung Laung II,  Kecamatan Montallat,  Sabtu (23/6) siang.  Akibat kebakaran 1 b ... Read More