Jum`at, Tanggal 25-05-2018, jam 05:01:26

RESMI...! Polda Kalteng Naik Jadi Tipe A

Kapolri : Kalteng Merupakan Provinsi Maju dan Berkembang
Share
RESMI...! Polda Kalteng Naik Jadi Tipe A
Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi para jenderal dari Mabes Polri dan kapolda Kalteng, saat penandatanganan prasasti peningkatan tipe A di Mapolda Kalteng, Kamis (24/5). (DENAR/KALTENG POS)

AKHIRNYA Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng resmi naik tipe dari B ke A, Kamis (24/5). Kenaikan tipologi ini, menjadi tantangan berat bagi jajaran Polda Kalteng, untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Kenaikan tipe ini diresmikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada upacara peningkatan tipologi Polda Kalteng dari B ke A. Upacara peresmian ini dilaksanakan di halaman Mapolda Kalteng, dihadiri gubernur Kalteng, forkopimda Kalteng, tokoh adat Dayak, tokoh masyarakat, stakeholder dan masyarakat.

Dalam upacara tersebut, kapolri selaku inspektur upacara (Irup) menyerahkan pataka (bendera) Polda Kalteng, Manunggal Dharma Karya Jaya, kepada Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, sebagai simbol Polda Kalteng secara resmi sudah naik tipe dari B ke A.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kenaikan tipologi ini sudah sesuai kelayakan. Alasan Polda Kalteng naik tipe, di antaranya luas wilayahnya lebih besar dari Pulau Jawa. Banyak usaha-usaha yang berkembang seperti perkebunan, pertambangan, dan lain-lain.

“Provinsi Kalteng ini merupakan provinsi yang cukup maju dan berkembang,” ujarnya.

Selain itu, tantangan kriminalitas juga kian meningkat. Kejahatan konvensional meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Kenaikan tipologi ini tidak terlepas dari aspirasi masyarakat, seperti gubernur, ketua DPRD, dewan adat dayak, dan tokoh masyarakat.

“Aspirasi ini hampir setahun saya tangkap, hingga akhirnya disetujui,” kata kapolri.

Beberapa wilayah juga akan dilakukan pemekaran organisasi kepolisian. Daerah yang belum ada polresnya, akan dibentuk polres. Begitu juga dengan polsek.

“Target anggaran peningkatan dan pengembangan organisasi ini akan disesuaikan dengan tipe polda,” beber jenderal bintang empat ini.

Kepada perwira dan anggota Polda Kalteng, kapolri mengingatkan agar kenaikan tipologi jangan sampai membuat masyarakat makin susah untuk mendapat pelayanan.

“Kalau sampai masyarakat susah, saya turunkan lagi,” tegasnya.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 18 Sep 18


Selasa, 18-09-2018 : 08:38:52
Kekasih Meninggal saat Kecelakaan, Rencana Tunangan pun Pupus

PALANGKA RAYA-Tak ada seorang pun yang dapat menolak kenyataan pahit yang terjadi dalam hidup ini. Hal itulah yang dirasakan Rani. Di hari ulang tahun (ultah) ke-16, kemarin, ia ke ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 07:12:21
Mau Ikut Tes Selesi CPNS 2018? Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan

PALANGKA RAYA-Pemerintah Provinsi (pemprov) Kalteng kembali mengingatkan kepada calon pelamar CPNS untuk mempersiapkan diri. Baik terkait administrasi maupun persiapan sebelum meng ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 07:04:59
Meski Sempat Dicoret, Caleg Eks Koruptor Masih Berpeluang

PALANGKA RAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng masih belum bisa memastikan bagaimana nasib calon legislatif (caleg) mantan koruptor di Kalteng, yang sebelumnya sempat dicoret da ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 06:58:11
55 PNS se Kalteng Terjerat Kasus Korupsi, Begini Nasibnya

PALANGKA RAYA- Nasib 55 Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Kalteng yang terjerat kasus hukum tindak pidana korupsi (tipikor). Kini, mereka tinggal menunggu waktu untuk diberhentikan sec ... Read More