Minggu, Tanggal 10-06-2018, jam 04:06:38

Ajak Masyarakat Mencintai Budaya Literasi

Share
Ajak Masyarakat Mencintai Budaya Literasi
Mahmuddin Bashar (keempat dari kiri), bersama teman-temannya di Komunitas Literasi Papadah. Mulai membentuk komunitas lewat blog dan memanfaatkan media sosial untuk mengampanyekan cinta budaya literasi. (KALTIM POST)

MEMAHAMI tentang pentingnya sebuah budaya literasi, jadi salah satu alasan Mahmuddin Bashar bersama empat temannya membangun Literasi Papadah. Komunitas tersebut dibangun pada Oktober 2016 melalui sebuah blog.

Ketua Literasi Papadah, Mahmuddin Bashar mengatakan, komunitas yang dibangunnya bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan diskusi. Mengubah cara pandangan dengan landasan objektif melalui literasi. Walaupun untuk mewujudkannya tidak mudah, apalagi minat masyarakat terhadap kemampuan menulis dan membaca sangat rendah.

"Saya dan beberapa teman, yakni Cahya, Alvian, Danil, dan Albert awalnya membuat blog sebagai wadah untuk berbagi wawasan, dengan membuka cara berpikir dalam melihat suatu fenomena," ujar Mahmuddin saat diwawancarai, Selasa (29/5).

Namun, membuat orang membuka cara berpikirnya ternyata tak bisa secara verbal. Komunitas Papadah pun memanfaatkan media sosial sebagai salah satu tempat berbagi. Sebab, media sosial mampu menyentuh banyak kalangan, lewat tulisan-tulisan yang mereka buat.

Mengajak orang membaca buku, apalagi berhalaman tebal bukan perkara gampang. Sebaliknya, banyak orang yang tahan membaca beragam status atau tulisan di media sosial. Hal itu menjadi alasan komunitas ini mengawali kegiatan dengan membuat sebuah blog.

"Lewat blog, kami bisa menyebar luas, ide kami bisa dibaca, dan setidaknya ada hal yang bisa ditinggalkan sebagai wujud eksistensi jika komunitas ini pernah hidup, walau hanya berbentuk artikel di blog. Misalnya saja, ketika kami nanti sudah tidak aktif, masyarakat tetap bisa melihat tulisan itu," pungkas Mahmuddin Bashar.  (*/lia/*/ni/k9)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 18 Oct 18


Senin, 24-09-2018 : 10:39:07
Mencintai Puisi Sejak Lama

MALAM Puisi (MP) Palangka Raya kembali mengajak pencinta puisi untuk tampil bersama, Jumat malam (21/9). Kali ini bukan dengan tema spesial, justru komunitas ini membebaskan pencinta puisi yang had ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 10:12:33
Karya Seni Rupa Kapuas Wadah untuk Berkarya

MELUKIS sudah menjadi kebiasaan para anggota Komunitas Seni Rupa Kabupaten Kapuas. Sejak berdiri di Kota Air, komunitas ini terus mengakomodir para pencinta seni rupa. Tujuannya tak lain, agar bisa ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 02:48:32
Ratusan Pencinta Mobil Starlet Kopdar di Bandung

BANDUNG -Pemandangan lapangan Balerame Sabilulungan, Kabupaten Bandung, sangat berbeda. Sejak pagi, lapangan sudah dipenuhi ratusan starlet dari s ... Read More

Minggu, 16-09-2018 : 01:15:29
Jeep Bukan Monopoli Kaum Adam

Mobil Jeep tidak selalu identik dengan kaum adam. Para wanita juga tidak dilarang mencintai mobil ini. Mereka-mereka yang mencintai mobi legendaris dari Amerika itu bergabung dalam sebuah komunitas ... Read More