Minggu, Tanggal 10-06-2018, jam 04:09:01

Rumah Literasi Wadah Berbagi Informasi

Share
Rumah Literasi Wadah Berbagi Informasi
Beragam jenis buku yang dibaca anggota Literasi Papadah. Dari buku-buku tersebut, mereka mendapatkan ilmu baru, kemudian dibagikan lewat tulisan atau diskusikan bersama. (KALTIM POST)

SEJAK 2016 membangun komunitas Literasi Papadah, Mahmuddin Bashar dan kawan-kawannya mendapatkan beragam respons berbeda-beda dari masyarakat. Ada yang positif dan banyak juga yang tak peduli dengan kegiatan mereka. Untuk membuktikan bisa melakukan yang terbaik, berbagai upaya dilakukan Komunitas Literasi Papadah. Tahun ini, rencananya mereka ingin membangun rumah literasi.

"Rumah literasi, tak sekadar menjadi tempat untuk membaca atau meminjam buku. Di rumah literasi juga akan dijadikan wadah diskusi, tentang beragam fenomena sosial yang terjadi," ujar Alfian salah satu anggota saat diwawancarai, Selasa (31/5).

Ketua Komunitas Literasi Papadah, Mahmuddin mengatakan, menanamkan minat baca kepada masyarakat memang bukan hal mudah. Apalagi, di Kalimantan sangat sulit mengakses buku-buku yang membuat wawasan lebih terbuka. Tak heran masyarakat, terutama anak muda jadi malas membaca.

Mengubah kebiasaan malas baca, ditambah sulitnya mendapat buku-buku bagus membuat tantangan komunitas ini cukup berat. Walaupun saat ini bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, bisa mencari banyak informasi melalui media sosial, tapi jika tak dipilah dengan baik, malah membuat masyarakat terpapar hoax.

"Dengan adanya rumah literasi nanti, diharapkan bisa menjadi tempat untuk bisa saling berbagi informasi yang akurat. Sebab, kami akan mengajak orang lain untuk melihat atau mencari informasi dari berbagai sumber. Sehingga, secara tak langsung juga bisa meningkatkan minat baca masyarakat," beber dia.

Nanti, Mahmuddin dan kawan-kawannya juga berencana mengadakan seminar atau bedah buku yang diharapkan bisa menarik perhatian penggemar literasi di Samarinda. "Dan semoga, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi khalayak umum," pungkasnya.  (*/lia/*/ni/k9)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 18 Oct 18


Senin, 24-09-2018 : 10:39:07
Mencintai Puisi Sejak Lama

MALAM Puisi (MP) Palangka Raya kembali mengajak pencinta puisi untuk tampil bersama, Jumat malam (21/9). Kali ini bukan dengan tema spesial, justru komunitas ini membebaskan pencinta puisi yang had ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 10:12:33
Karya Seni Rupa Kapuas Wadah untuk Berkarya

MELUKIS sudah menjadi kebiasaan para anggota Komunitas Seni Rupa Kabupaten Kapuas. Sejak berdiri di Kota Air, komunitas ini terus mengakomodir para pencinta seni rupa. Tujuannya tak lain, agar bisa ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 02:48:32
Ratusan Pencinta Mobil Starlet Kopdar di Bandung

BANDUNG -Pemandangan lapangan Balerame Sabilulungan, Kabupaten Bandung, sangat berbeda. Sejak pagi, lapangan sudah dipenuhi ratusan starlet dari s ... Read More

Minggu, 16-09-2018 : 01:15:29
Jeep Bukan Monopoli Kaum Adam

Mobil Jeep tidak selalu identik dengan kaum adam. Para wanita juga tidak dilarang mencintai mobil ini. Mereka-mereka yang mencintai mobi legendaris dari Amerika itu bergabung dalam sebuah komunitas ... Read More