Senin, Tanggal 11-06-2018, jam 01:40:12

Obati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

Obati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami
FOTO: ZACT.ID

PEMBENGKAKAN gusi merupakan masalah umum bagi kita semua. Biasanya, saat mengalami pembengkakan gusi, gusi akan terlihat menonjol keluar, memerah dan menyebabkan iritasi, juga rasa sakit.

Apa yang menyebabkan gusi bengkak? Membengkakan gusi bisa disebabkan oleh infeksi, yang menyebabkan gingivitis (radang gusi), kehamilan serta kekurangan gizi. Tak hanya itu, tidak cocok dengan peralatan gigi, merokok atau menyikat gigi dan flossing yang tidak benar juga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Kamu bisa mengobati pembengkakan gusi dengan obat oral. Tetapi sebaiknya bantu dengan berbagai obat alami rumahan untuk menenangkan rasa sakit dan iritasi. Menggunakan pengobatan alami ini, selain mengobati gusi bengkak juga bisa membantu kamu memiliki gusi yang kuat dan jauh dari pembengkakan juga nyeri. Namun, jika sakit berlangsung selama lebih dari dua minggu, periksakan ke dokter gigi.

Untuk mengobati pembengkakan gusi langkah paling penting yang harus kamu lakukan adalah memiliki nutrisi yang tepat yang mengandung kalsium, vitamin C dan D, serta asam folat. Ini membantu kamu menghindari kondisi gusi bengkak.

Buah-buahan seperti lemon, jeruk, nanas, stroberi, dan lainnya yang memiliki kandungan vitamin C juga tak boleh terlewat untuk kamu konsumsi. Berbagai susu, ikan, susu kedelai yang memiliki kalsium dan sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi juga harus kamu makan. Untuk asupan vitamin D, jangan lupakan telur, minyak ikan cod, biji bunga matahari,dan lainya.

Selain itu, cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat atau air dingin, karena membantu dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada gusi yang bengkak. Namun, sebagai catatan, kompreslah pada wajah Anda dan tidak langsung pada gusi.

Yang terakhir adalah air garam. Garam mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan menjamin kesehatan mulut yang baik. Gosok gusi kamu dengan garam secara lembut setelah menyikat gigi, dan bilas dengan air hangat setelahnya. Lakukan ini tiga kali seminggu. kamu juga bisa menambahkan sejumput garam ke dalam segelas air hangat dan kumur mulut dua kali sehari. (net/nto)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 15 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 11:23:40
Al Hidayah Bantu Korban Gempa di Lombok

PALANGKA RAYA – DPD Pengajian Al Hidayah Provinsi Kalteng, turut peduli korban gempa di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada 19 kardus bantuan yang diberikan untuk ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 11:22:03
Dispora Kalteng Persiapkan Pemuda Anti Narkoba

PALANGKA RAYA - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng menggelar lomba pidato anti narkoba bagi pemuda se-Kalteng, yang dilaksanakan selama dua hari yakni 14-15 Agust ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 11:20:34
Rayakan HUT RI, Dinsos Kalteng Kunjungi 10 LKS

PALANGKA RAYA - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalteng punya cara berbeda merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) yakni mengunjungi sepuluh panti asuhan atau ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 11:16:38
Stunting, Ancaman Bagi Bonus Demografi 2030

JAKARTA – Jumlah anak stunting di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis, anak stunting tidak hanya dialami oleh keluarga yang m ... Read More