Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

 

HANI, Palangka Raya

 

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jun 18


Jum`at, 22-06-2018 : 12:17:00
Geger ! Mayat di Atas Kayu, Sebagian Tubuh Penuh Lumpur

SAMPIT-Warga Jalan Iskandar Kelurahan MB Hilir, Kecamatan MB Ketapang, sontak di gegerkan oleh penemuan sosok mayat laki-laki di pinggir Sungai ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 10:25:25
JARA KADA ! ISTRI GEREBEK SUAMI BERSAMA WANITA IDAMAN LAIN

TAMIANG LAYANG – Pasangan tanpa status pernikahan sah digerebek warga Desa Luaw Jawuk Kecamatan Paku Kabupaten Bartim, Selasa (19/6) sekit ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 01:23:47
RESMI ! Dinilai Figur yang Tepat Memimpin Kota, Partai Berkarya Dukung Fairid-Umi

PALANGKA RAYA-DPD Partai Berkarya Kota Palangka Raya menambah kekuatan paslon wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya Fairid Naparin SE-Hj U ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 10:45:44
BACA NICH…! PNS Perpanjang Libur Bakal Kena Sanksi

PARA PNS harus mulai kerja lagi hari ini (21/6), setelah libur panjang Lebaran sejak Sabtu (10/6). Sanksi menanti bagi mereka y ... Read More