Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:46:17

Atas Dasar Kemanusiaan, Tanpa Tiket Bisa Berangkat

Atas Dasar Kemanusiaan, Tanpa Tiket Bisa Berangkat
Sekitar 1.500-an penumpang berangkat menuju Semarang dengan menggunakan KM Leuser, Rabu (13/6). (AGUS PECE/KALTENG POS)

KAPAL Motor Leuser tujuan Semarang penuh sesak. Sekitar 1.592 tiket ludes terjual, dan penumpang berhasil diberangkatkan dari Pelabuhan Sampit, Rabu (13/6) pukul 10.00 WIB. Jumlah penumpang itu bisa lebih banyak, karena pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) memberikan toleransi kepada penumpang.

“Atas dasar kemanusiaan, penumpang yang tidak bertiket, tetap kami berangkatkan. Itu pun jika masih dalam batas toleransi. Tetapi, KSOP sendiri berkomunikasi dengan pihak kapal. Kapal ini cukup besar kapasitasnya, hingga 1.600 penumpang. Tapi ada batasnya, faktor keamanan dan keselamatan juga dilihat,” ucap Kepala KSOP Pelabuhan Sampit Toto Sukarno, kemarin.

Tidak semua penumpang tak bertiket bisa naik ke kapal. Juga tidak terlalu banyak. Tidak sampai ratusan penumpang. Diseleksi. Terkadang, alasan penumpang yang tak bertiket, mereka tidak bisa membeli secara online di hari- hari sebelumnya. Jadi mereka datang ke pelabuhan untuk mencari tiket. Ada juga penumpang yang ketinggalan kapal sebelumnya.

“Masa kami suruh balik lagi ke tempat kerja? Sudah jauh-jauh ke pelabuhan ingin mudik. Enggak mungkin dong. Mereka juga ingin lebaran di kampung,” sebutnya.

Kapal milik PT Pelni cukup besar kapasitasnya. Bisa mencapai 1.600 penumpang. Begitu juga KM Binaiya yang merupakan kapal terakhir yang berangkat pada 14 Juni, di mana memiliki kapasitas hampir sama.

Sedangkan, pihak PT Pelni menyebut, terkait penambahan penumpang sesuai dengan aturan yang ada, sudah menjadi kewenangan KSOP. Pihaknya hanya memastikan kondisi kapal secara teknis siap atau tidak menampung penumpang tambahan.

“Kami dari Pelni melakukan sesuai dengan aturan yang ada, di luar itu, sudah wewenang KSOP. Mereka (KSOP, red) mengizinkan, ya kami menimbang. Terkait jumlah penumpang, kami lapor ke pusat,” ucap Kepala PT Pelni Cabang Sampit, Agus S.

Sementara itu, berdasar pantauan Kalteng Pos, ribuan penumpang naik ke KM Leuser dengan tertib. Ada dua buah anak tangga yang disiapkan untuk naik ke atas kapal. Hal itu berjalan maksimal. Penumpang bisa terurai, dan tidak banyak antrean untuk naik ke atas KM Leuser. Pihak kepolisian dan pelabuhan, juga sigap dalam mengatur barisan penumpang agar selalu tertib.

Di sela-sela antrean tersebut, satu penumpang atas nama Siwontina, tiba-tiba pingsan ketika naik ke anak tangga. Sontak, petugas dari pelabuhan dan polisi mengevakuasi yang bersangkutan ke klinik. Perempuan berusia 27 tahun itu mengalami sakit kepala. Kondisi fisiknya juga lemah, lantaran belum sempat sarapan.

Penumpang tujuan Temanggung, Jawa Tengah itu akhirnya bisa diberangkatkan atas persetujuan tim medis. Kondisinya juga sudah mulai pulih, usai mendapat perawatan sekitar 30 menit oleh medis.

“Sebelumnya kepala saya memang sudah pusing. Ini sudah mendingan. Saya belum makan tadi,” ucapnya kepada Kalteng Pos. (ais/ram/ce/abe)

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Aug 18


Senin, 20-08-2018 : 03:25:11
SELAMAT ! Ketua Harian DAD Kalteng Jadi Rektor UPR

PALANGKA RAYA- Pemilihan Rektor Universitas Palangka Raya yang dilaksanakan Senin (20/8) telah mendapatkan hasilnya. Andrie Elia Embang pun berhasil unggul dari 2 calon lainnya.

Pemilihan ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 10:18:48
Diancam Pisau, Siswi Diseret ke Kamar Lalu Diperkosa

KUALA PEMBUANG- Bahtera rumah tangga yang baru dijalani dua bulan ternyata tidak memuaskan nafsu Nestor Lae. Buktinya, pria 24 tahun ini nekat melakukan pencabulan terhadap siswi SMA, sebut saja Bu ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 08:56:15
KARHUTLA ! Palangka Raya Peringkat Pertama, Kotim Dua Terbanyak

PALANGKA RAYA-Dugaan pembakaran hutan dan lahan alias karhutla, kembali muncul di sejumlah sudut Kota Palangka Raya. Sudah ada beberapa lokasi yang mengepulkan asap tebal. Di antar ... Read More

Senin, 20-08-2018 : 08:46:03
INGAT YA...! Parpol Tidak Boleh Mengganti Bacaleg Cowok, Jika....

PALANGKA RAYA-Masyarakat terus diingatkan untuk mengamati bakal calon legislatif (bacaleg) sesuai daftar calon sementara (DCS) yang diumumkan KPU. Belum ada laporan masyarakat meng ... Read More