Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 05:55:17

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi
Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama memimpin langsung pengecekan narkoba dan kelayakan kendaraan, Selasa (12/6).(HUMAS POLRES FOR KALTENG POS)

NANGA BULIK – Polres Lamandau melakukan pemeriksaan narkoba, kondisi kesehatan sopir dan kelayakan angkutan, Selasa (12/6) yang melintasi Trans Kalimantan di Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau. Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama.

"Pemeriksaan ini langkah antisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, akibat sopir yang menggunakan obat-obatan atau narkoba dan kendaraan tidak layak," ungkap Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama, didampingi Wakapolres Kompol R.A.S Yudhapatie dan Kabag Ops AKP Andreas Alex, kemarin.

Satu persatu kendaraan yang melintas untuk mudik dihentikan untuk jalani pemeriksaan secara detail, baik dokumen kendaraan maupun sopirnya. Dimana sopir dilakukan test urine untuk memastikan bebas dari konsumsi obat dan narkoba. Sedangkan kendaraan diperiksa guna melihat kelayakan dari kendaraan yang mengangkut penumpang tersebut.

"Kita periksa kelayakan kendaraan, misal mesin, sistem pengereman, roda dan lainnya. Sehingga kendaraan benar-benar layak untuk mengangkut penumpang," tegasnya.

Untuk sasan dilakukannya tes urine narkoba, yakni para pengendara/sopir kendaraan baik roda empat, maupun roda enam, sekaligus melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan yang dibawa. Pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan dan juga memberikan imbauan kepada para penumpang agar selalu mengingatkan apabila sopir ngantuk, lelah ataupun cape segeralah beristirahat.

"Dari hasil pemeriksaan sebanyak 52 orang pengemudi kendaraan urinenya semua negatif, atau tidak mengandung narkoba. Sedangkan untuk jumlah tilangan sebanyak tujuh," beber Andika. (alh/nto/jun/ctk)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jun 18


Kamis, 21-06-2018 : 02:10:03
Pesan Pj Bupati: Pendistribusian Jangan Terlambat

KUALA KAPUAS-Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kapuas tahun 2018, menyisakan sepekan lagi, tepatnya pada 27 Juni mendatang. Mendekati harinya itulah, membuat Penjabat (Pj) Bupati K ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 01:46:00
Ada Apa Ya Polisi dari Kobar-Kotim BKO ke Kabupaten Tetangga

SEPEKAN menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Polres Kotawaringin Barat  (Kobar) dan Polres Kotawaringin Timur (Kotim) mulai melakukan persiapan pengamanan. Me ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 12:07:16
Bupati Peringati Hari Jadi ke 16 Gumas

KUALA KURUN - Apel Besar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ke 16 , dimana jatuh pad ... Read More

Kamis, 21-06-2018 : 11:56:29
Harus Ada Tindakan Tegas Pada PBS Bandel

PULANG PISAU - Perusahaan Besar Swasta (PBS) banyak melakukan investasinya, khususnya di bidang perkebunan di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Namun masih banyak yang tidak me ... Read More