Minggu, Tanggal 24-06-2018, jam 07:36:56

Pelihara Ratusan Kura-Kura, Digigit Sampai Berdarah

Pelihara Ratusan Kura-Kura, Digigit Sampai Berdarah


MEMELIHARA kura-kura merupakan hal yang menyenangkan bagi Kautsar Eka Wardhana. Sejak 2012, pria yang akrab disapa Kautsar itu getol mengoleksi kura-kura berbagai jenis. Dari yang lokal hingga kura-kura dari luar. Tak sekadar merawat, dia juga menernakkan kura-kura. Melihat telur-telur peliharaanya tersebut menetas, jadi momen indah bagi Kautsar.

“Sampai sekarang saya punya sekitar 100 kura-kura dari berbagai jenis dan ukuran,” ucap dia saat diwawancarai, Kamis (31/5) lalu.  

Beberapa jenis kura-kura yang dimiliki Kautsar adalah red ears slinder atau Brazil, yellow belly, red belly, ocadia sinensis, cnemis, common snapping turtle, alligator snapping turtle, pelomedusa subrufa, castaneus pelusios, ouachita map turtle, dan troostite. Sedangkan yang lokal, ada kura-kura dada putih, merah, pink, ambon, pipi putih, dan daun.

“Yang paling saya sukai adalah jenis sideneck dan slinder, Karena mudah diternak dan telurnya banyak,” papar dia.

Kautsar mengatakan, untuk kura-kura indukan ukurannya sekitar 20–30 centimeter (cm). Usia dewasa sekitar 5–8 tahun. Apabila asupan makannya bagus, dalam tiga tahun kura-kura bisa diternakkan.  Jika dirawat dengan benar, lama usia kura-kura sampai 30 tahun ke atas.

“Dalam merawatnya berbeda-beda, untuk kura-kura ukuran 10 cm atau satu tahun perlu lebih teliti. Kalau yang sudah besar perawatannya tak banyak dan tidak ribet. Apabila sudah dewasa, kura-kura harus dicarikan pasangan juga,” jelas pria berkacamata tersebut.

Bertahun-tahun memelihara kura-kura, Kautsar juga tak lepas dari pengalaman buruk. Dia pernah digigit kura-kura sampai berdarah karena salah posisi pegang. Selain itu, adalah ketika kura-kura tidak mau makan dan mati. “Saya sangat galau saat kura-kura mati, tapi itu semua bisa menjadi pengalaman dan momen menarik yang saya punya,” pungkas Kautsar.

Memelihara sekaligus berternak kura-kura memerlukan perawatan yang tepat. Menurut Kautsar Eka Wardhana, ada dua jenis kura-kura, yakni kura-kura darat dan air. Keduanya punya metode perawatan yang berbeda. Merawat kura-kura yang masih kecil pun tak sama dengan kura-kura dewasa. Berikut beberapa tips merawat kura-kura untuk Anda.

 

-          Pengaturan air kolam

Ketersediaan air untuk kura-kura berenang perlu diperhatikan. Untuk bayi kura-kura, sebaiknya air jangan terlalu dalam, cukup 10 sentimeter (cm) dari dasar.

 

-          Atur pola makan

Sama dengan manusia, jam makan ataupun asupan kura-kura harus tepat. Anda bisa memberi makan kura-kura sekali atau dua kali dalam sehari. Jika ada kura-kura yang malas bergerak, bisa jadi tanda kura-kura Anda makan terlalu banyak sehingga obesitas. Hindari memberi makanan tinggi kandungan lemak kepada peliharaan Anda, misalnya usus ayam. 

 

-          Jaga kebersihan kandang

Apabila wadah atau tempat tinggal kura-kura tidak mempunyai filter, sebaiknya Anda sering menguras air kolam kura-kura, dua hari sekali. Sebab, makanan yang tertinggal di kolamnya bisa menyebabkan jamur. Namun, bila Anda sudah memperhatikan kebersihan kandang dan kura-kura masih jamuran, kemungkinan air yang digunakan tidak cocok. Anda bisa menambahkan daun ketapang tua dan kering di kola untuk mengatasi masalah tersebut. 

 

-          Rutin dijemur

Pada pukul 9–10 pagi, sebaiknya kura-kura dijemur sekitar 15 menit. Sinar matahari membantu pertumbuhan karapas atau batok bagian atas kura-kura dan mencegah shell root atau tempurung lembek dan busuk.

 

-          Gunakan pemanas  

Saat pancaroba atau transisi musim, kura-kura rentan terkena pilek. Matanya bengkak dan tidak aktif. Penggunaan pemanas dan garam acriflavine diperlukan agar suhu air tidak berubah drastic dan mencegah kura-kura pilek.

 

-          Gali  pengetahuan tentang kura-kura

Sebelum memelihara kura-kura atau hewan apapun, Anda mesti memahami cara merawatnya, agar peliharaan Anda bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Sering-seringlah sharing ke sesama penernak, komunitas, atau dari media sosial. (*/lia/*/ni/k9)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Jul 18


Minggu, 01-07-2018 : 07:48:40
Junjung Toleransi

KOMUNITAS Generasi Muda Pecinta Seni Kota Solo menggelar kegiatan pentas seni dan diskusi 'Yang Muda Yang Ikut Bela Negara'. Acara ini d ... Read More

Minggu, 01-07-2018 : 07:46:12
Keseruan Touring Perdana

UNTUK mempererat ikatan sesama pecinta sepeda motor Honda PCX 150 yang berada di wilayah Singaraja, Astra Motor Bali bersama 25 pengguna Honda P ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 07:36:56
Pelihara Ratusan Kura-Kura, Digigit Sampai Berdarah

MEMELIHARA kura-kura merupakan hal yang menyenangkan bagi Kautsar Eka Wardhana. Sejak 2012, pria yang akrab disapa Kautsar ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 07:34:31
Dari Hobi Jadi Bisnis

SEJAK 2012 Kautsar Eka Wardhana mulai mengoleksi kura-kura. Sebab, dia memang menyukai hewan bercangkang tersebut sejak ke ... Read More