Minggu, Tanggal 08-07-2018, jam 05:12:54

Ingat Ya..! Surat Pengunduran Diri ASN tak Dapat Dibatalkan

Share
Ingat Ya..! Surat Pengunduran Diri ASN tak Dapat Dibatalkan
Ilustrasi

PENDAFTARAN calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019 sudah dimulai Selasa, 4 Juli 2018. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi caleg yang akan diperiksa petugas KPU sebelum nantinya diverifikasi data dan dokumennya.

Selain mengenai mantan narapidana korupsi maju sebagai caleg, isu yang mengemuka terkait dengan pencalegan ini adalah perlu tidaknya Kepala Daerah, Anggota TNI/Polri, Direksi hingga Komisaris BUMN, mengundurkan diri dari jabatannya jika memutuskan maju sebagai caleg.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar memberikan penjelasan singkat aturan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilu.

Disebutkan, dalam Pasal 240 ayat (1) huruf k, dinyatakan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri. Begitu juga Anggota TNI dan Polri aktif, serta Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka harus mundur jika maju jadi caleg.

"Sebelum memutuskan maju sebagai caleg, ASN perlu mempertimbangkan matang-matang, sebab surat pengunduran diri ASN tidak dapat ditarik kembali," kata Bahtiar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (07/7).

Hal yang sama berlaku untuk Direksi, Komisaris hingga Karyawan pada Badan Usaha Milik negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara. Aturan sebagaimana ASN maju jadi caleg, surat pengunduran diri jajaran pejabat BUMN/BUMD ini tidak dapat ditarik kembali.

Ditambahkan bahwa posisi ASN sesuai aturan adalah netral, karena itu ada keharusan mengundurkan diri jika memutuskan maju sebagai caleg. (rl/jpnn)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Rabu, 19-09-2018 : 10:42:30
Budi Waseso Sebut Kalau Mendag Mau Kantornya Dipakai Jadi Gudang, Silakan Impor Beras..

DIRUT Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan, saat ini stok beras Bulog melimpah. Bahkan, saking melimpahnya, kata dia, Bulog sampai harus meminjam gudang pihak lain untuk menyimpan ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 12:16:38
Tiga Anggota Dewan Pemaksa Warga Lepas Baju #2019GantiPresiden, Sebut Khilafah Taik

SAMARINDA – Video persekusi tiga anggota DPRD Samarinda kepada warga pengguna jalan viral di media sosial. Tiga anggota DPRD Samarinda yang diduga melakukan persekusi yakni A ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 11:52:55
19 September Mulai Pendaftaran CPNS, Jangan Lupa Caranya Ini

PENDAFTARAN Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka dua hari lagi. Artinya, pada tanggal 19 September ini, pemerintah akan mengumumkan formasi jabatan yang dibuka dalam ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 11:33:22
Terkait Kasus Newmont, KPK Selidiki Kebersamaan TGB dengan Deputi Pencegahan

JAKARTA – Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dinilai mulai mencari cara agar lepas dari jeratan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Beberapa kali TGB menunjukan ... Read More