Selasa, Tanggal 10-07-2018, jam 10:51:23
DPRD Kota

Sekolah Dalam Melaksanakan MOS Harus Mengacu Pada Pendidikan

Share
 Sekolah Dalam Melaksanakan MOS Harus Mengacu Pada Pendidikan
Sugianor

PALANGKA RAYA - Pihak DPRD Palangka Raya meminta sekolah untuk melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) dengan mengacu pada pendidikan wawasan. Hal itu sebagai langkah awal untuk pengenalan dan penyesuaian peserta didik baru terhadap sekolah.

“Dinas Pendidikan (Disdik) diharapkan dapat mengawasi pelaksanaannya di sekolah-sekolah, agar tidak sampai sekolah menjadikan peserta didik baru sebagai lahan perpeloncoan. Apalagi menyuruh mengenakan berbagai aksesori yang tidak patut digunakan,” kata Anggota DPRD Palangka Raya, Sugianor kemarin.

Ia berharap MOS mengedepankan cara belajar dan penanaman konsep pengenalan diri dengan peserta didik baru. Bukan sebagai ajang bagi kakak kelas untuk mempermainkan peserta didik baru dengan kegiatan yang tidak mendidik.

“Jangan melakukan perpeloncoan, pelecehan dan kekerasan terhadap peserta didik baru. Orang tua juga harus memantau pelaksanaannya. Jika ada yang janggal dan aneh laporkan ke pihak sekolah atau ke pejabat di atasnya atau kepada kami juga sangat terbuka,” ujarnya.

Melalui laporan tersebut, pejabat pemerintah dapat mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuannya menjadikan efek jera bagi pelakunya, baik itu kakak kelas maupun sekolah yang bersangkutan.

Politikus dari Partai PKB ini mengakui MOS pada dasarnya memiliki banyak manfaat dan bersifat penting. Selain sebagai ajang pengenalan terhadap sekolah, juga mengenalkan peserta didik baru terhadap kakak kelasnya.

"Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai menimbulkan korban," tutupnya. (awa/ila/iha/CTK)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 10:26:34
Dewan Harapkan Petani Ikan Bisa Mendapatkan Perhatian Pemerintah

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palangka Raya Sugianor menilai pembudidayaan ikan keramba dan kolam masih memiliki prospek bagus untuk di ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 10:21:02
Keberadaan APILL Sering Jadi Keluhan

PALANGKA RAYA - Keberadaan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di Palangka Raya sering menjadi keluhan. Sayangnya, untuk perbaikan terkadang lambat dilakukan. Salah satu fakto ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 10:52:58
Perda Retribusi dan Pajak Sudah Rampung

PALANGKA RAYA – Peraturan Daerah (Perda) No 3/2018 tentang retribusi dan Perda No 4/2018 tentang pajak di Kota Palangka Raya sudah rampung. Diharapkan, dengan rampungnya kedu ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 10:48:57
Dewan Desak Pihak Berwajib Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

PALANGKA RAYA – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kian marak terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Termasuk di wilayah Kota Palangka Raya.

Kondisi ini ... Read More