Selasa, Tanggal 10-07-2018, jam 10:51:23

Sekolah Dalam Melaksanakan MOS Harus Mengacu Pada Pendidikan

 Sekolah Dalam Melaksanakan MOS Harus Mengacu Pada Pendidikan
Sugianor

PALANGKA RAYA - Pihak DPRD Palangka Raya meminta sekolah untuk melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) dengan mengacu pada pendidikan wawasan. Hal itu sebagai langkah awal untuk pengenalan dan penyesuaian peserta didik baru terhadap sekolah.

“Dinas Pendidikan (Disdik) diharapkan dapat mengawasi pelaksanaannya di sekolah-sekolah, agar tidak sampai sekolah menjadikan peserta didik baru sebagai lahan perpeloncoan. Apalagi menyuruh mengenakan berbagai aksesori yang tidak patut digunakan,” kata Anggota DPRD Palangka Raya, Sugianor kemarin.

Ia berharap MOS mengedepankan cara belajar dan penanaman konsep pengenalan diri dengan peserta didik baru. Bukan sebagai ajang bagi kakak kelas untuk mempermainkan peserta didik baru dengan kegiatan yang tidak mendidik.

“Jangan melakukan perpeloncoan, pelecehan dan kekerasan terhadap peserta didik baru. Orang tua juga harus memantau pelaksanaannya. Jika ada yang janggal dan aneh laporkan ke pihak sekolah atau ke pejabat di atasnya atau kepada kami juga sangat terbuka,” ujarnya.

Melalui laporan tersebut, pejabat pemerintah dapat mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuannya menjadikan efek jera bagi pelakunya, baik itu kakak kelas maupun sekolah yang bersangkutan.

Politikus dari Partai PKB ini mengakui MOS pada dasarnya memiliki banyak manfaat dan bersifat penting. Selain sebagai ajang pengenalan terhadap sekolah, juga mengenalkan peserta didik baru terhadap kakak kelasnya.

"Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai menimbulkan korban," tutupnya. (awa/ila/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Jul 18


Jum`at, 20-07-2018 : 11:03:38
DPRD Kota Dukung Pembangunan Taman

PALANGKA RAYA - DPRD Kota Palangka Raya mendukung pembangunan taman yang dilakukan pemerintah kota (pemko). Sebab, pembangunan yang dilakukan berdampak baik terhadap Pendapatan Asl ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 11:00:04
Pemko Diminta Tuntaskan Penguatan Infrastruktur Jalan

PALANGKA RAYA - DPRD Palangka Raya meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk menuntaskan penguatan infrastruktur jalan. Penguatan jalan diyakini akan berimbas terhadap ke ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:09:57
Pemko Harus Fokus Melakukan Pembangunan

PALANGKA RAYA - DPRD Palangka Raya meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk fokus saat melakukan pembangunan. Terutama di tiga sektor unggulan yakni infrastruktur, pendi ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:06:18
Dinas PUPR Harus Terlebih Dahulu Menata Sistem Drainase

PALANGKA RAYA - Memasuki musim kemarau, dirasa waktu yang tepat dalam penataan drainase yang ada di Kota Cantik (julukan bagi Palangka Raya, red). Sebagaimana diinginkan Dewan Perw ... Read More