Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 11:21:42

Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih, Mendagri Tunggu Ini

Share
Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih, Mendagri Tunggu Ini
Mendagri Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Hasil sejumlah pemilihan kepala daerah (pilkada) masih belum final. Pemenang pilkada di sejumlah daerah tidak bisa diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab, sedikitnya sudah ada 25 pengaduan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tidak bisa diputuskan sekarang bagaimana hasilnya, karena per Senin (9/7) kemarin sudah 25 pengaduan ke MK,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Karena itu, menurut Tjahjo, Kemendagri yang bertugas menyiapkan pelantikan kepala daerah di 171 daerah hasil pilkada serentak 2018 kemarin, belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanaannya.

Sebab, Kemendagri harus menunggu putusan MK terkait sejumlah daerah yang bersengketa di MK. “Menunggu keputusan MK secara final,” ujarnya.

Secara umum,  Tjahjo mengapresiasi kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), sebagai penyelenggara pemilu yang independen.

Meskipun, kata dia, sejak 2015 sampai 2018, pilkada serentak di Indonesia selalu berjalan dalam dinamika yang tinggi.

“(Pilkada) aroma pileg dan pilpres, tapi secara profesional KPU lakukan dengan baik,” jelas Tjahjo.

“Sehingga  pilkada aroma pileg dan pilpres ini hanya mencatat dua daerah saja yang ditunda yaitu Nduga dan Paniai,” katanya. 

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan secara umum pilkada serentak 2018 tidak ada masalah yang besar. Namun, kata dia, jika ada satu dua persoalan, itu tetap menjadi bahan untuk perbaikan ke depan.

“Di 171 daerah secara umum selesai lancar, dan ada di beberapa tempat itu masih berproses. Tapi, menurut saya, jangan dikatakan pilkada itu gagal karena saya berpandangan pilkada di 171 daerah lancar,” kata Amali di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7).  (boy/jpnn)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Rabu, 19-09-2018 : 10:42:30
Budi Waseso Sebut Kalau Mendag Mau Kantornya Dipakai Jadi Gudang, Silakan Impor Beras..

DIRUT Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan, saat ini stok beras Bulog melimpah. Bahkan, saking melimpahnya, kata dia, Bulog sampai harus meminjam gudang pihak lain untuk menyimpan ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 12:16:38
Tiga Anggota Dewan Pemaksa Warga Lepas Baju #2019GantiPresiden, Sebut Khilafah Taik

SAMARINDA – Video persekusi tiga anggota DPRD Samarinda kepada warga pengguna jalan viral di media sosial. Tiga anggota DPRD Samarinda yang diduga melakukan persekusi yakni A ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 11:52:55
19 September Mulai Pendaftaran CPNS, Jangan Lupa Caranya Ini

PENDAFTARAN Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka dua hari lagi. Artinya, pada tanggal 19 September ini, pemerintah akan mengumumkan formasi jabatan yang dibuka dalam ... Read More

Senin, 17-09-2018 : 11:33:22
Terkait Kasus Newmont, KPK Selidiki Kebersamaan TGB dengan Deputi Pencegahan

JAKARTA – Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dinilai mulai mencari cara agar lepas dari jeratan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Beberapa kali TGB menunjukan ... Read More