Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 05:08:20
BKKBN Provinsi Kalteng

Masih Kekurangan PLKB

Share
Masih Kekurangan PLKB
Kusnadi

PALANGKA RAYA - Provinsi Kalteng hingga saat ini masih kekurangan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) maupun Petugas Keluarga Berencana (PKB), hal itu diutarakan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalteng Kusnadi, SH. 
    Menurutnya permasalahan yang dihadapi pihaknya adalah tidak bisa secara penuh melakukan tatap muka dengan masyarakat karena kekurangan tenaga penyuluh KB (PKB/PLKB). Imbasnya satu tenaga penyuluh terpaksa harus melayani 5-6 desa/kelurahan. 
“Jumlah ini jauh dari memadai. Idealnya satu penyuluh maksimal hanya memegang dua desa saja.  Kita punya sekitar 179 PKB dengan jumlah desa yang hampir 1400 desa di Kalteng ini. Bisa kita bayangkan betapa beratnya tugas seorang PKB ketika mereka harus membina 7-12 desa,” kata Kusnadi.
Padahal seorang petugas lapangan PKB, pendataan dan pemetaan program KB Nasional merupakan bagaian awal dari kegiatan kerja yang tidak boleh dilewati begitu saja karena berhasil atau tidaknya pendataan keluarga tergantung pada kinerja PKB itu sendiri. 
“Makanya kita mengundang mitra kita seperti di sektor pendidikan, perusahaan dan pihak lainnya. Pertemuan dengan BKKBN tidak melulu berbicara soal alat kontrasepsi,” jelasnya.
Selain itu, Kusnadi menjelaskan tentang artian pembangunan keluarga yang merupakan salah satu program BKKBN untuk menjalankan fungsi-fungsinya. 
“Tidak hanya sekadar keluarga yang sakinah, keluarga yang bahagia, tapi keluarganya khususnya anak-anaknya dipersiapkan agar tidak terlibat narkoba, radikalisme, pornografi, tidak telibat bullying seperti yang di sekolah,” ujarnya. (pri/iha/k/OL)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Kamis, 20-09-2018 : 06:46:42
Banyak Masyarakat di Sekitar Pertambangan Kurang Diberdayakan

RENCANA Ombudsman Republik Indonesia menginvestigasi program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di Kalteng, sedikit menghibur masyarakat sekitar tambang yang merasa kur ... Read More

Kamis, 20-09-2018 : 06:35:54
RESMI ! 26 September Portal Resmi BKN Mudah Diakses dan Digunakan untuk Mendaftar

PALANGKA RAYA-Pendaftaran CPNS 2018 yang semula dijadwalkan secara online di portal resmi https://sscn.bkn.go.id, Rabu 19 September, ternyata sedikit tertunda. Diundur hingga 26 September. 

Read More
Kamis, 20-09-2018 : 06:19:14
BERANI ! Ini Pegalaman Yogi Menangkap Ular King Kobra

SAMPIT-Aksi dilakukan Andin Yogianur Rizky Wahyudi atau pemuda yang kerap dipanggil Yogi, menghebohkan dunia maya. Menjadi perbincangan di dunia nyata. Karena aksinya menangkap ular kobra berukuran ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 09:26:40
Hari Ini Pendaftaran CPNS DImulai, Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses

HARI ini (19/9), pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka oleh Pemerintah. Sistem pendaftaran dilakukan secara terintegrasi dan terpusat melalui portal ht ... Read More