Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 09:09:56

Jangan Malas Manfaatkan Lahan, Demi Mengendalikan Inflasi

Jangan Malas Manfaatkan Lahan,  Demi Mengendalikan Inflasi
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (kiri) berdiskusi dengan Pj Sekda Kalteng Fahrizal Fitri sesudah pelantikan tim percepatan pembangunan di Istana Isen Mulang, Selasa (10/7). DENAR/ KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Salah satu hal yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng adalah pengendalian inflasi. Pasalnya, jika inflasi tidak terkendali dan harga barang mahal, maka bisa membuat perekonomian masyarakat di Kalteng kacau.

Untuk mengendalikan inflasi itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengingatkan masyarakat dengan banyaknya lahan subur di Bumi Tambun Bungai (julukan bagi Kalteng, red). Lahan subur itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan pertanian.

“Semestinya orang Kalteng ini memanfaatkan pekarangan. Pekarangan luas saja. Jangan sombong dan malas menanam cabai,” jelas Sugianto dalam sambutannya di Istana Isen Mulang, Rabu (11/7).

Untuk itu, ia memberikan tugas khusus kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Peternakan Kalteng Sunarti. Ia tidak ingin ke depan cabai, bawang dan lainnya masih menjadi penyumbang inflasi di Kalteng.

“Saya tidak ingin ada inflasi karena cabai atau bawang mewah. Tugas bu Sunarti nanti kedepan untuk itu,” kata suami Yulistra Ivo Azhari ini.

Inflasi, diakui Sugianto, memang rentan terjadi di Kalteng. Salah satunya terhadap komoditas cabai. Jika stok berkurang harga cabai dan bawang bisa melangit sehingga memengaruhi harga-harga yang lain.

“Jangan sampai inflasi tinggi. Kalau begitu (inflasi tinggi, red) masyarakat tidak bisa menabung karena kebutuhan bahan pokok akan naik,” ucap mantan Anggota DPR RI ini.(uni/ila)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Jul 18


Jum`at, 20-07-2018 : 11:10:40
Mofit Dilantik Jadi Ketua PERAGI

PALANGKA RAYA - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio secara resmi dilantik sebagai Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 07:34:52
Ini Dia Informasi Lelang Mobil Dinas Hasil Pidana Korupsi

TAMIANG LAYANG–Puluhan kendaraan operasional hasil tindak pidana korupsi dum mobil dinas tahun 2012 di Bartim, belum juga berhasil dijadikan uang atau penambahan sebagai pema ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 02:00:29
Loyalitas Merupakan Roh Militer

PANGKALAN BUN-Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto S Sos, memberikan pengarahan kepada prajurit Kodim 1014/Pbn dan Kompi C Yonif R 631/Atg di Mako Kompi setempat, Rabu (18/07).

Kehadiran o ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:13:30
Pemko Serahkan Tiga Kendaraan Pada Kwarcab Pramuka Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Pemko Palangka Raya menyerahkan tiga unit kendaraan kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Palangka Raya. Penyerahan kendaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan H ... Read More