Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 10:30:02

Disdukcapil Diminta untuk Data Ulang Warga Palangka Raya

 Disdukcapil Diminta untuk Data Ulang Warga Palangka Raya
Riduanto

PALANGKA RAYA - Menghadapi pemilihan calon legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menginginkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palangka Raya untuk kembali mendata ulang warga Kota Cantik (julukan bagi Palangka Raya, red).

Anggota DPRD Palangka Raya Riduanto mengatakan pendataan itu juga harus dilakukan dengan benar. Hal itu berkaca dari penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) banyak data yang tidak valid. “Ada orang yang memang sudah meninggal namun masih terdata dan ada juga yang berhak mencoblos namun, tidak mendapatkan hak sebagai mencoblos,” ujarnya, Kepada Kalteng Pos Rabu (11/7).

Ditambah lagi, kata Riduanto, pendataan itu memang harus dilakukan karena umur seseorang pasti akan bertambah. Artinya, ada warga yang akan berusia 17 tahun dan wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bukan itu saja, ada warga yang meninggal sehingga data perlu dicek lagi.

Politikus dari praksi PDI-P ini mengatakan, jika data tidak segera diperbaiki, maka akan berdampak yang kurang bagus untuk pemilihan yang akan datang. Bisa dilihat sendiri, ujar Riduanto, masih banyak masyarakat yang tidak mencoblos, karena tidak mendapatkan surat undangan untuk mencoblos.

Untuk masalah pemilihan ini, bukan hanya Disdukcapil saja yang harus benar-benar mendata penduduk. Dikatakan Riduanto, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga harus melakukan pendataan ulang, jika sudah mendapatkan data dari pihak Disdukcapil.

“Saya berharap untuk masalah Pilpres dan Caleg pada tahun 2019, bisa berjalan dengan sukses dan berjalan dengan lancar. Kasus yang ada di Pilkada tahun ini, yang menuai masalah di salah satu TPS, semoga tidak terulang lagi,” terangnya.

Untuk diketahui, pihak komisi A terus melakukan pemantauan untuk masalah pendataan kependudukan ini, agar kedepannya tidak terjadi masalah. (idu/ila/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Jul 18


Jum`at, 20-07-2018 : 11:03:38
DPRD Kota Dukung Pembangunan Taman

PALANGKA RAYA - DPRD Kota Palangka Raya mendukung pembangunan taman yang dilakukan pemerintah kota (pemko). Sebab, pembangunan yang dilakukan berdampak baik terhadap Pendapatan Asl ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 11:00:04
Pemko Diminta Tuntaskan Penguatan Infrastruktur Jalan

PALANGKA RAYA - DPRD Palangka Raya meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk menuntaskan penguatan infrastruktur jalan. Penguatan jalan diyakini akan berimbas terhadap ke ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:09:57
Pemko Harus Fokus Melakukan Pembangunan

PALANGKA RAYA - DPRD Palangka Raya meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk fokus saat melakukan pembangunan. Terutama di tiga sektor unggulan yakni infrastruktur, pendi ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:06:18
Dinas PUPR Harus Terlebih Dahulu Menata Sistem Drainase

PALANGKA RAYA - Memasuki musim kemarau, dirasa waktu yang tepat dalam penataan drainase yang ada di Kota Cantik (julukan bagi Palangka Raya, red). Sebagaimana diinginkan Dewan Perw ... Read More