Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 08:46:49

BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR

BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR
Koordinat lokasi pusat gempa

GETARAN diduga yang dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah, di antaranya di Kasongan dan sekitarnya, serta Tangkiling Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis (12/7) siang, dibenarkan pihak Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Bandara H. Asan Sampit, Nur Setiawan kepada Kalteng Pos, Kamis (12/7) malam mengatakan, getaran gempa yang sempat membuat heboh warga itu terjadi sekitar pukul 13.43 WIB.

Gempa dengan kekuatan Magnitude 4,2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 kilometer Barat Laut Palangka Raya, pada kedalaman 5.0 Km diperkirakan tidak terjadi gempa susulan.

"Tapi kemungkinan kecil terjadi gempa susulan, karena Kalteng bukan merupakan daerah rawan gempa,” kata Nur Setiawan.

Meski demikian, dia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan yang kecil tersebut.

Sementara itu, pada Kamis malam juga beredar pesan berantai melalui WhatsApp rilis Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto.

Dalam pesan itu juga membenarkan adanya gempa pada titik koordinat yang sama.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Katingan dan Kasongan dalam skala intensitas IISIG – BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak/beberapa orang, bahkan beberapa warga ada yang berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Mudjianto dalam pesan itu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tektonik yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:00 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” ujarnya. (*urh/OL/nto)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Jul 18


Sabtu, 21-07-2018 : 11:33:37
Jangan Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Kebencian

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Maman Imanulhaq berharap tidak ada oknum yang menggunakan tempat ibadah untuk menyebarkan ujaran kebencian.

“Kalau benar, ini menjadi semacam peringatan ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 08:55:04
Polisi Fokus Selidiki Orangtua dari Bayi yang Dibuang ke Sungai

PURUK CAHU - Aparat Polsek Murung memberi respons terhadap penemuan bayi yang ditemukan warga sedang hanyut di perairan Sungai Barito, sekitar Pelabuhan Bahitom atau Darmaga Putir ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:55:07
HEBOH ! Keluarga Pasien Lihat Api, Kantin RSUD Kapuas Terbakar

KUALA KAPUAS - Kesunyian menjelang pagi di Kota Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas, dihebohkan dengan adanya amukan jago merah. Kebakaran melanda bangunan kantin RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:26:51
Formasi CPNS Kalteng Masih Diusulkan ke Pemerintah Pusat

PALANGKA RAYA-Beredarnya kabar seputar rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kalteng, membuat resah sejumlah masyarakat. Padahal, formasi CPNS Kalteng masih diusulkan ke pemerinta ... Read More