Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 08:46:49

BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR

Share
BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR
Koordinat lokasi pusat gempa

GETARAN diduga yang dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah, di antaranya di Kasongan dan sekitarnya, serta Tangkiling Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis (12/7) siang, dibenarkan pihak Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Bandara H. Asan Sampit, Nur Setiawan kepada Kalteng Pos, Kamis (12/7) malam mengatakan, getaran gempa yang sempat membuat heboh warga itu terjadi sekitar pukul 13.43 WIB.

Gempa dengan kekuatan Magnitude 4,2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 kilometer Barat Laut Palangka Raya, pada kedalaman 5.0 Km diperkirakan tidak terjadi gempa susulan.

"Tapi kemungkinan kecil terjadi gempa susulan, karena Kalteng bukan merupakan daerah rawan gempa,” kata Nur Setiawan.

Meski demikian, dia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan yang kecil tersebut.

Sementara itu, pada Kamis malam juga beredar pesan berantai melalui WhatsApp rilis Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto.

Dalam pesan itu juga membenarkan adanya gempa pada titik koordinat yang sama.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Mudjianto dalam pesan itu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tektonik yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:00 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” ujarnya. (*urh/OL/nto)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 20 Sep 18


Rabu, 19-09-2018 : 09:26:40
Hari Ini Pendaftaran CPNS DImulai, Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses

HARI ini (19/9), pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka oleh Pemerintah. Sistem pendaftaran dilakukan secara terintegrasi dan terpusat melalui portal ht ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 06:45:49
JANGAN DITIRU ! Hanya Izin Kuliah, Kirim Berita Hoax Tentang Begal ke Dosen

PALANGKA RAYA-Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) harus berhadapan dengan Polda Kalteng. Gadis 21 tahun itu diminta mempertanggungjawabkan penyebaran ber ... Read More

Rabu, 19-09-2018 : 06:33:09
Kemenag Kalteng Buka 206 Formasi CPNS, Ini Rincian Formasinya

PALANGKA RAYA - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng mendapat alokasi menerima 206 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jatah ini diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatu ... Read More

Selasa, 18-09-2018 : 08:38:52
Kekasih Meninggal saat Kecelakaan, Rencana Tunangan pun Pupus

PALANGKA RAYA-Tak ada seorang pun yang dapat menolak kenyataan pahit yang terjadi dalam hidup ini. Hal itulah yang dirasakan Rani. Di hari ulang tahun (ultah) ke-16, kemarin, ia ke ... Read More