Sabtu, Tanggal 21-07-2018, jam 11:33:37

Jangan Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Kebencian

Share
Jangan Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Kebencian
KH Maman Imanulhaq. FOTO : DOK/JAWAPOS.COM

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Maman Imanulhaq berharap tidak ada oknum yang menggunakan tempat ibadah untuk menyebarkan ujaran kebencian.

“Kalau benar, ini menjadi semacam peringatan bagi kita untuk mengembalikan tempat ibadah itu kepada fungsi utama yaitu mendekatkan diri pada Sang Mahakuasa dan mempererat hubungan sesama manusia,” ujar Maman, Jumat (20/7).

Untuk mengembalikan fungsi rumah ibadah seperti masjid, lanjut Kiai Maman, masyarakat harus terus diberikan edukasi.

Selain itu, perlu perbaikan manajemen masjid. Menurut Kang Maman, langkah Itu sudah dilakukan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan beberapa ormas. 
 
Langkah ketiga adalah merumuskan kembali tema dalam khotbah Jumat atau Idulfitri agar berisi muatan agama yang menjadi spirit transformasi dan perdamaian.

“Isi khotbah ini harus dirumuskan bersama agar betul-betul berisi nilai keagamaan yang substansional yaitu tentang nilai kasih sayang, gotong royong, menghargai sesama, dan bagaimana menjadikan agama untuk mendorong manusia menjadi maju, bukan mundur dengan menyuarakan kebencian, apalagi peperangan,” tambah Kang Maman.

Mengenai keberadaan kelompok radikal dan intoleran, Kang Maman menilai sebenarnya mayoritas umat Islam di Indonesia masih moderat dan toleran.

Namun, umat Islam lebih memilih diam, sedangkan kelompok radikal yang jumlahnya sedikit bisa masuk secara masif dan militan.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Oct 18


Kamis, 27-09-2018 : 09:01:54
Waduh ! Kesurupan Masih Terjadi

PALANGKA RAYA- Aduh, kesurupan lagi. Setidaknya ada lima pelajar SMPN 8 Palangka Raya mengalami hal demikian, kemarin (26/9). Total, ada 54 kali kasus kesurupan dalam tiga hari ter ... Read More

Kamis, 27-09-2018 : 07:32:23
Mayat Berjenis Kelamin Pria Ditemukan Mengapung di Sungai Barito

MUARA TEWEH-Sosok mayat ditemukan mengapung di Sungai Barito, tepatnya di sekitar Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Selasa (25/9) sekitar pukul 07.00 WIB.

Jasad berj ... Read More

Rabu, 26-09-2018 : 09:38:23
RASAIN ! Dua Begal Didor, Alasan Menjambret Buat Bayar Utang dan Makan

PALANGKA RAYA-Terhenti sudah pelarian dua begal yang meresahkan pengendara di Palangka Raya. Ade Iskandar (25) dan Ahmad Ripani (23) diringkus Tim Buru Sergap (Buser) Polres Palang ... Read More

Rabu, 26-09-2018 : 09:30:41
Penggunaan Kontrasepsi Didominasi Perempuan

PALANGKA RAYA-Data berbicara. Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng mencatat, tahun 2018 ini, di Bumi Tambun Bungai memiliki penduduk laki-laki sekitar 1.391.078. Sedangkan perempuan ... Read More