Jum`at, Tanggal 07-09-2018, jam 06:35:40
Parameshadila Zafirah Sandra Gunawan, Peneliti Muda Internasional

Keren! Budaya Dayak Raih Juara II Dunia

Share
Keren! Budaya Dayak Raih Juara II Dunia
Parameshadila Zafirah Sandra Gunawan (jas hitam) bersama timnya dan Kadisdik Kalteng Slamet Winaryo. (DISDIK UNTUK KALTENG POS)

Namanya cukup panjang. Begitu juga langkahnya. Masih belia, ia sudah bisa berprestasi dan menjadi juara dunia. Meneliti pernikahan 50 pengantin Dayak Ngaju, akhirnya membawa Parameshadila Zafirah Sandra Gunawan juara di ajang International Conference of Young Scientists Social Science.

JAMIL JANUANSYAH, Palangka Raya

MEMBANGGAKAN. Itulah kata yang pantas disematkan bagi Parameshadila Zafirah Sandra Gunawan. Tak disangka, dari sekian banyak sekolah dan jutaan siswa-siswi di Bumi Tambun Bungai, semakin semerbak mewangi dibuat Zafirah.

Siswi kelas XII SMA BCU School Palangka Raya yang akrap disapa Fira ini, menebar prestasi luar biasa di Eropa. Jauh dari pandangan mata. Fira mengukir prestasi. Ia meraih juara II di ajang prestisius, International Conference of Young Scientists Social Science.

Dikalungkan medali perak di lehernya. Di Beograd, Serbia, Eropa, Fira bersama kelompoknya yang berjumlah 3 orang, membuat Indonesia bangga. Yang lebih membanggakan lagi, ia mengangkat khazanah budaya lokal Kalteng, tentang Dayak Ngaju.

Penelitian yang berjudul The Influence of Motivation Towards Perception of Dayak Ngaju Couples Towards Its’ Traditional Wedding: A Case Study at Dayak Ngaju Tribe in Palangkaraya ini, benar-benar membuktikan, Fira memang peneliti muda. Bukan hanya karena prestasi dinobatkan sebagai juara II, melainkan juga tentang Dayak Ngaju yang dijadikan objek penelitian.

“Senang bisa meraihnya. Apalagi yang Fira angkat itu kan tentang Dayak Ngaju. Dari dahulu, memang sangat senang dengan budaya yang ada di Kalteng,” ungkapnya, saat diwawancarai Kalteng Pos, Kamis (6/9).

“Ini yang pertama ke luar negeri. Dan langsung dapat juara. Senang,” ungkap anak dari pasangan AKBP Indera Gunawan dan Agussari Dewi Handayani ini. Saat ini, ayahnya bertugas sebagai Kapolres Kupang.

Berprestasi tak membuatnya jumawa. Tak lupa, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada guru, pemerintah, dan sahabatnya. Bagi Fira, hasil yang didapat merupakan modal baginya untuk menapaki kariernya kelak.

“Saya ingin kuliah di Universitas Indonesia,” jawabnya.

Tak hanya bagi Fira, prestasi ini juga membanggakan bagi Kepala Sekolah BCU School Palangka Raya Gunarjo S Budi, dan juga guru pembimbing Fira, Nur Chasanah.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Oct 18


Kamis, 27-09-2018 : 08:51:43
Dahulu Lulus Pilih Kerja, Sekarang Kuliah

Buku adalah gudang ilmu. Gemar membaca membuat wawasan semakin terbuka. Tak semua orang berkesempatan memiliki segudang buku dan membacanya. Meski dari desa terpencil ratusan kilometer dari pusat k ... Read More

Selasa, 25-09-2018 : 07:14:35
Tolak Lamaran Pangeran, Terima Sangalang

Nyai Undang. Perempuan berparas cantik dari kerajaan ternama di Negeri Tanjung Pematang Sawang. Putri kerjaan ternama Sempung Danyai Nunyang. Kecantikanya terdengar hingga penjuru negeri. Berikut k ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 06:57:11
Berbeda Warna dan Pilihan, Jangan Lupa Saudara

Bendera start kampanye telah berkibar. Penyelenggara pemilu khususnya KPU dan Bawaslu mulai dipacu. Memelototi seluruh potensi kecurangan dan kerawanan dalam setiap tahapan pemilu. Dengan mengundan ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 08:24:57
Biaya Operasi Hasil Sumbangan dari Warganet

Anak adalah titipan Tuhan Yang Maha Esa. Setiap orang tua tentu semaksimal mungkin membahagiakan anaknya. Begitu pun soal kesehatan. Seperti yang dilakukan Fitri, ibu dari bayi Misbah yang terl ... Read More